Bawaslu Luncurkan Buku Hasil Riset Pilkada

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bawaslu Sumut meluncurkan buku hasil riset evaluasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2015-2020.

Buku hasil riset jajaran Bawaslu di Sumut tersebut diharapkan menjadi dokumentasi dan literasi untuk penyempurnaan pelaksanaan Pilkada berikutnya.

Demikian Kordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang "Sosialisasi hasil evaluasi pengawasan partisipasi pilkada tahun 2020, peluncuran buku riset evaluasi pilkada serentak 2015-2020 dan penandatanganan perjanjian kerja sama Bawaslu Provinsi Sumut dengan stakeholder di Hotel Emerald Garden Medan, Kamis (25/3/2021).

“Kami berharap buku ini menjadi sumber bacaan yang memberi manfaat bagi perbaikan-perbaikan pelaksanaan demokrasi ke depan,” ujarnya.

Buku yang diluncurkan merupakan program Bawaslu RI yang dilaksanakan oleh 34 provinsi di Indonesia. Setiap provinsi melaksanakan riset di daerah masing-masing, tentang pelaksanaan Pilkada tahun 2015 sampai 2020.

Riset, penulisan dan pencetakan buku Buku berjudul Serial Evaluasi Pilkada Serentak cukup panjang. Dimulai dari pengajuan judul anggota Bawaslu 33 Kabupaten/Kota di Sumut. 

Proses pengerjaan riset di Sumut didampingi dua orang civitas akademis. Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Ahsanul Minan selaku konsultan nasional dan Dosen Universitas Negeri Medan Bakhrul Khair Amal selaku konsultan lokal.

Bakhrul Khair Amal mengatakan  pengajuan buku diusulkan oleh Bawaslu Kabupaten/Kota di Sumut. Setelah melalui proses, maka dilakukan pegelompokkan sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh Bawaslu RI. Empat tema itu diantaranya, tentang Evaluasi dan Strategi Kebijakan Pengawasan dan Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Strategi Pengawasan Pemilu terhadap Isu-isu Strategis dalam Kepemiluan, dan Kelembagaan Pengawas Pemilu, Pelaksanaan Pilkada Dalam Situasi Pandemic Covid-19. Proses penelitian dan penulisan sampa memproduksi 8 judul yang dikerjakan bersama.

Adapun judul dan penulis dalam buku yang diluncurkan di antaranya "Coklit di Tengah Pandemi Covid 19" tulisan bersama Suhadi S Situmorang, Edward F Bangun dan Suryanti Lubis, "Dinamika Politik Uang Pilkada 2018 (Studi Kasus 6 (Enam) Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara)" tulisan bersama Aminuddin, Maimanah Angkat, Romson Poskoro Purba, Nur Alia Lase, Musliadi Nasution, Sarfan Hudawi Siregar, Ahmad Faisal Nasution.

Acara peluncuran buku dihadiri unsur musyawarah pimpinan daerah di Sumut, dihadiri civitas akademi dari berbagai perguruan tinggi/universitas,  lembaga, kelompok disabilitas dan berbagai organisasi kemasyarakat.(Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini