-->

Pemkab.Karo Dorong Sistem Informasi Pembangunan Daerah Secara online

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF. COM - Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, apresiasi atas kepemimpinan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH MH dan Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang yang fokus mendorong Kabupaten Karo berbasis SIPD (Sistem Informasi Pembangunan Daerah) secara online. Hal ini diungkapkan Muhammad Adrian, MSi, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, di ruang kerjanya, Jalan Veteran Jakarta pusat, Jumat (26/3/2021) pukul 10.00 WIB.

“Keberanian dan kebijakan SIPD itu, sekali lagi saya puji dan apreisasi, sebab Ini akan menjadi referensi bagi regional Sumut khususnya," ungkapnya.

Lanjutnya, "langkah Bupati Karo ini menjadi suatu legisi dikemudian hari. Bayangkan saja kedepan kebijakan SIPD ini menekan dan mengurangi angka korupsi dilingkup Pemda Karo."

Dengan SIPD publik akan gampang memantau dan mengevaluasi. Selain itu, manfaat SIPD akan menjaga birokrasi menjadi lebih tertib, lancar dan akuntabilitas.

“Apalagi, subjek to audit, keuntungannya, daerah memberlakukan SIPD, begitu ketuk palu APBD disahkan oleh DPRD Karo, maka seketika tayang dipublik secara langsung, kegunaan anggaran belanja di Karo, apa saja, akan tertera, nah hal ini menunjukkan ke publik, bahwa semua dasar yang terpampang muncul di SIPD berasal dari PAD yang disetor oleh masyarakat,” kata Muhammad Adrian.

“Untuk itu, kita eksen saja, ajak Adrian, sambil mempraktekkan Penggunan SIPD lewat virtual memandu dan mengajari tim teknis dari BPKPAD terkait tata cara pengoperasian pengiriman gaji ASN lingkup Pemda Karo,” terangnya.

“Harapan saya, kerjasama SIPD ini kedepan mudah mudahan ibu cory Sriwaty Sebayang (sebagai bupati terpilih) meeng-estafet apa yang telah dilakukan Bupati Karo sekarang ini, minimal seluruh gaji ASN di Pemkab Karo telah ter-Update di SIPD,” katanya penuh harap menutup penjelasannya.

Bupati Terkelin mengucapkan terimaksih atas kesediaan Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri telah meluangkan waktu dan pikiran sejak awal memberikan motivasi, edukasi dan saran masukan terkait SIPD sehingga pihak Pemkab Karo tertarik.

“Ketertarikan berbasis online SIPD ini, lantaran kami ingin sistem informasi yang dapat berjalan secara online memudah-kan penggunanya untuk mengakses data dimana saja dan kapan saja,” ujar Terkelin Brahmana.

“Dan sistem informasi yang dibangun tersebut, menunjukkan kepada publik sebuah gambaran kinerja pemerintah daerah Karo, sebab dapat diakses baik anggaran APBD dan lainnya, dalam hal ini tidak ada lagi yang tertutup, ini sudah zaman era digital,” jelasnya.

Masih dikesempatan yang sama, Wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang (bupati terpilih periode 2021-2024) berjanji akan mendukung kerjasama SIPD tersebut, sebagai estafet kepimpinan.

Sedangkan Direktur pemasaran PT Bank Sumut Hadi sucipto menyatakan pihaknya selaku PT Bank Sumut dalam kerjasama SIPD bersama Pemkab.Karo, sangat siap triger dalam sharing pengalaman bagi kabupaten lainnya.

“Sebab SIPD ini, baru Karo pertama terjadi di wilayah Sumut, jadi patut kami dukung penuh sebagai Bank Daerah Pemerintah,” katanya.

Sementara itu Sekda Kab.Karo Drs Kamperas Terkelin Purba melalui kepala BPKPAD Andreasta Tarigan menuturkan bahwa SIPD akan diuji coba dimulai bulan April 2021, diawali SKPD Dinas BPKPAD Kabupaten Karo. Setelah berhasil, selanjutnya di bulan Mei 2021 seluruh gaji 6000 (enam ribu) ASN di Kabupaten Karo akan dilakukan melalui SIPD.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, bersama wakil Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyematkan Kain adat Karo "Bekah Buluh" kepada Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Muhammad Adrian, Msi yang disaksikan Direktur pemasaran PT Bank Sumut Hadi sucipto, Sekda Kab.Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Asisten III Administrasi Mulianta Tarigan, Kepala BPKPAD Andreasta Tarigan. (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini