Komitmen Pemkab Karo Bantu Tingkatkan Kualitas UMKM

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM. Pemerintah Kabupaten Karo berkomitmen membantu para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Karo. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting saat forum grup diskusi dengan para pelaku UMKM Kabupaten Karo yang diselenggarakan di Jambur Pemkab Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Senin (10/5/2021). 

Para pelaku UMKM yang hadir mengeluhkan tentang kesulitan dalam mengurus perizinan, hingga untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, para pelaku UMKM juga berharap adanya proses pelatihan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil produk. 

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Karo di bawah kepimpinan Cory S Sebayang - Theopilus Ginting akan membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Karo. Wakil Bupati Karo yang akrab dipanggil Theo meminta para pelaku UMKM untuk mengurus perizinan produk mereka untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas ke depannya. 

"Saya menjamin tidak ada pungutan liar untuk para pelaku UMKM," ungkap Theo.

Namun demikian Wakil Bupati Karo mengingatkan para pelaku UMKM untuk terus melakukan evaluasi kualitas produk mereka baik dari kualitas produk hingga kemasan. Dua hal tersebut merupakan kunci agar produk-produk UMKM bisa menembus pasar yang lebih baik dan luas ke depannya. 

"Para pelaku UMKM melalui Asosiasi UMKM Kabupaten Karo bisa bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM. Para penggiat UMKM diharapkan tidak bekerja secara sendiri-sendiri namun saling bahu membahu agar menjangkau pasar yang lebih luas," jelasnya.

"Pemerintah Kabupaten Karo berkomitmen hadir membantu para pelaku UMKM. Mari semua saling bersinergi untuk membangun UMKM di Kabupaten Karo karena merupakan tulang punggung perekonomian kita khususnya di masa pandemi Covid-19," tutup Theo.

Forum grup diskusi yang diselenggarakan oleh Kolaborasi Kalak Karo (Kol Karo) yang dihadiri Asosiasi UMKM Karo dan Asosiasi UMKM Sumut. Founder KolKaro Stefanus Purba mengatakan kegiatan ini untuk menghimpun tantangan yang dihadapi para pelaku UMKM di Kabupaten Karo. Harapannya, "hasil diskusi nantinya bisa menjadi terobosan untuk meningkatkan kualitas pelaku UMKM baik dari sisi sumber daya manusia hingga produk mereka agar memiliki daya saing dengan pasar ke depannya,"

Turut Hadir dalam keguatan ini Staf Ahli Bupati Mulia Barus, Kadis Tenaga Kerja dan UMKM Adison Sebayang, Kabag Humas Protokol F Leonardo Surbakti dan dihadiri para pelaku UMKM di Kabupaten Karo.(SKR/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini