-->

Tindak lanjut Kerjasama Dengan UCDC Rumania, Unimed Gelar Visiting Lecturer 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Negeri Medan (Unimed) telah melakukan kerja sama dengan Demitrie Cantemir Christian University (UCDC) Rumania pada November 2019. Dalam menyahuti tindak lanjut dari Kerjasama tersebut Unimed menyelenggarakan Visiting Lecturer. Visiting Lecturer dilakukan di Program Studi Antropologi Sosial Program Pascasarjana Unimed secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom, kemarin.

Kegiatan Visiting Lecturer ini menghadirkan Dr Onorina Botezat (Direktur Center for Linguistic and Intercultural Research sekaligus Associate Professor PhD di Fakultas Foreign Languages and Literatures, UCDC, Rumania) yang merupakan pakar di bidang Imagological and Cultural Studies dan Legal Terminology. Kegiatan Visiting Lecturer ini akan dilakukan sebanyak tiga pertemuan yakni pada  (21/5), (28/5) dan (4/6/2021).

Pada pertemuan pertama kegiatan ini dibuka langsung  Wakil Rektor IV Prof Drs Manihar Situmorang MSc PhD mengapresiasi kedatangan Dr Onorina untuk menjadi visiting lecture di UNIMED. “Kami juga sangat senang dengan topik yang akan dibawakan oleh Dr Onorina mengenai “Cultural Dimension of Globalization” terutama mengenai budaya di Rumania. Kami berharap topik ini dapat membuka wawasan kami di Indonesia mengenai budaya globalisasi dan dapat mengeksplorasi budaya yang ada di seluruh dunia. Saya juga berharap kepada semua peserta untuk dapat mengambil seluruh ilmu yang disampaikan kemudian menerapkan ilmu tersebut di unimed di dalam pengajaran serta kami juga berharap topik yang disampaikan menjadi ilmu baru di unimed," katanya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada prodi S2 antropologi sosial karena telah dapat menyelenggarakan kegiatan ini dan semoga kegiatan ini menjadi panduan agar prodi yang lain dapat menyusul untuk melakukan kegiatan yang serupa.

Di akhir sambutannya Prof Manihar mengajak Dr Onorina untuk datang ke Unimed secara langsung “semoga sehabis pandemik Covid-19 Dr Onorina dapat datang langsung ke unimed agar kami bisa mengenalkan kampus kami secara mendetail, kami juga akan mengenalkan pusat budaya Sumatera Utara yakni di Danau Toba,” tutupnya.

Dalam paparannya Dr Onorina menyampaikan topik “Cultural Dimension of Globalization” terutama mengenai budaya di Rumania. Dr onorina menjelaskan sedikit mengenai Rumania. “Rumania merupakan negara terbesar di Balkans (Eropa bagian Tenggara) yang memiliki pemandangan gunung dramatis. Menurut penelitian sejarah dan geografi area Rumania yang sekarang merupakan perkembangan dari suku austro sebelum kedatangan tentara Roman. Pada Perang Dunia ke dua kepempinan di Rumania menjadi komunis mengikuti Aturan Uni Soviet. Romania telah mengambil Langkah yang banyak untuk meninggalkan masa lalunya dengan masuk ke dalam NATO pada tahun 2004 dan Europe Union pada tahun 2007. Rumania juga memiliki bangunan yang besar yang indah salah satunya Gedung pemerintahan terbesar di dunia yang tercatat di Guines Book of Record,” papar Onorina.

Lanjutnya Dr Onorina memaparkan bahwa globalisasi biasa digunakan untuk menggambarkan berbagai perubahan ekonomi, budaya, sosial dan politik yang telah terbentuk selama 50 tahun terakhir. Jadi Cultural Dimension of Globalization adalah mengeksplorasi intensifikasi dan perluasan aliran budaya di seluruh dunia.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Prodi, dosen serta mahasiswa Antropologi Sosial S2 PPs Unimed. Visiting Lecturer pada pertemuan pertama juga berlangsung dengan sukses karena banyaknya antusias dosen dan mahasiswa yang bertanya mengenai budaya di Rumania. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini