Hasil Sosialisasi Rapat Tentang Penataan Huta Raja & Siallagan Samosir

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Dalam rangka menindaklanjuti hasil rapat 29 Juni 2021 di ruang Jaksa sebagai Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) di kesempatan itu hadir Bupati Samosir didampingi Forkopimda terkait perkembangan dan permasalahan Penataan Huta Raja dan Huta Siallagan yang merupakan program DPSP Danau Toba di Samosir, Desa Lumban Suhi-suhi Toruan Pangururan, telah dilaksanakan rapat sekaligus sosialisasi bersama Tokoh Marga Samosir, pihak BPPWSU dan pihak Penyedia Jasa dari PT. Betesda Mandiri.

Rapat diawali dengan pembacaan Berita Acara di Kejatisu oleh Kepala Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Raja Sondang Simarmata terkait permasalahan Pembangunan Lahan Parkir, Pembongkaran Rumah Adat Batak yang sudah tidak layak Huni lagi dan adanya pihak yang melarang lanjutan pembangunan Rumah Bolon di tengah Huta (Samping Tugu).

Dalam berita acara sudah disepakati rencana pembongkaran satu unit rumah bolon yang tidak layak huni lagi tidak jadi dibongkar, tetapi dikembalikan kondisinya seperti semula kala, hal ini telah disetujui oleh Perwakilan dari pemilik .

Sementara untuk pembangunan Parkir tidak jadi dilaksanakan karena tidak adanya tersedia lahan yang clear and clean, maka pembangunan lokasi parkir dialihkan untuk pembangunan satu unit rumah bolon.

Atas adanya pelarangan pembangunan satu unit rumah bolon yang berada persis di sebelah Tugu ditengah huta disepakati untuk dilanjutkan pembangunannya.

Proses lanjutan pembangunan akan dikawal oleh Aparatur Polres, Kodim 0210/TU, Kejaksaan dan Masyarakat Huta. Adanya Pelarangan dari pihak tertentu karena faktor internal keluarga biarlah diselesaikan kemudian secara kekeluargaan tanpa mengganggu proses pembangunan.

Pada rapat dimaksud dari jajaran Pemkab Samosir hadir Saul Situmorang Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab, Kepala Bappeda, Kadis Pera KPP dan Camat Pangururan. Kapolres Samosir diwakili oleh Kasat Intel dan Kapolsek Pangururan. Dandim 0210 TU diwakili oleh Danramil Pangururan dan dari Kejaksaan Samosir.

Kegiatan sosialisasi, juga diadakan diskusi dan masukan dari para peserta rapat dimana seluruhnya berjalan dengan lancar dan penuh kekeluargaan. (HTS/MSC).

Share:
Komentar

Berita Terkini