-->

Kadisdik, Ilyas: Melalui KSN Tumbuhkan Profil Pelajar Pancasila

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir M. AP., mengatakan Masa 4.0 merupakan pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik masa kini agar mampu menganalisis, berfikir kritis dan ber kolaboratif. 

Oleh karenanya tenaga pendidik juga harus mampu menghadapi perkembangan teknologi yang melaju sangat pesat didorong lagi dengan program merdeka belajar. Situasi Pandemi ini mengharuskan kita belajar dan belajar lebih dalam terkait teknologi informasi dan komunikasi. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Batu Bara Zahir yang di wakili Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus usai acara Pengumuman dan pemberian hadiah kepada peserta KSN bertempat di Aula Disdik Batu Bara Perupuk Kamis siang, (8/7/2021). 

Menurut ilyas kegiatan Lomba Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) ini merupakan salah satu ajang kompetensi pada jenjang pendidikan dasar ( SD dan SMP ) yang terus kita lakukan Tingkat Kabupaten Batu Bara Tahun 2021. 

Menurut Ilyas pelaksanaan KSN merupakan bagian dari upaya Dinas Pendidikan dalam menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dengan tujuan KSN ini untuk Memotivasi siswa beprestasi si masa pandemi dan menyediakan wadah bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Matematika, IPA dan IPS sehingga siswa terampil, memecahkan masalah, dan mampu mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya. 

Semua lomba KSN dilakukan secara berjenjang yang dimulai tanggal 22 Juni 2021 yang diikuti seluruh SD dan SMP tanggal 24 Juni 2021 di Lingkungan Disdik dengan tetap memperhatikan prokes dimasa pandemi sehingga ada tahap seleksi tingkat gugus dan kabupaten, terang Ilyas. 

Dalam kesempatan yang sama Kadisdik Batu Bara juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini, 

Menurut Ilyas lebih lanjut bahwa Dengan Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara, papar Ilyas. 

Hasil KSN juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Batu Bara ke tingkat Provinsi atau Nasional seandaikan pandemi segera berakhir, tambah Kadisdik yang selalu akrab bersama awak media. 

Adapun keluar sebagai pemenang dalam lomba KSN ini Tingkas SD Mata Pelajaran Matematika adalah Chrisnael Bintang Aritonang UPTD SDN 01 Labuhan Ruku Juara I, Andika Mhd Syarin Silitonga UPTD SDN 20 Pem. Cengkring II dan Giovany Sebastian Nainggolan UPTD SDN 13 Kuala Tanjung III. Sedangkan untuk Mata Pelajaran IPA Juara I Tasya Sasabila UPTD SDN 09 Pematang Kuing, Farhan Maulana UPTD SDN 07 SUKA MAJU Juara II dan Juara III Atika Khoirunnisa UPTD SDN 05 Mesjid Lama.

Jenjang SMP Mata Pelajaran Matematika Ahmad Fattah Gono UPTD. SMPN 1 Talawi Juara I, ZaltashaSabira Bilbina UPTD. SMPN 1 Lima Puluh Juara II dan Ashlah Nurshadiqoh UPTD SMPN 2 Lima Puluh Pesisir Juara III. Sedangkan untuk IPA Sekar Ayu Ningrum UPTD. SMPN 1 Dt. Tanah Datar Juara I, Luvita Dame Anggi Manihuruk UPTD SMPN 2 Sei Suka Juara II dan Laura Fransisca Saragih UPTD. SMPN 2 Dt. Lima Puluh Juara III dan untuk Mata Pelajaran IPS Juara I Mutia Rahmadani UPTD. SMPN 3 Air Putih, Alpa Gunawan Samosir UPTD. SMPN 2 Air Putih II dan Zikril Hakim Aridho SMPS Islam Terpadu Al- Ihya Juara III. 

Hadir dalam acara tersebut selain Kadisdik Ilyas Sitorus, juga terlihat Sekdis Darwinson Tumanggor, Kabid Dikdas Basrah, Kabid GTK Nurbaya Kabid PNFI Yusmaini, Perwakilan PT Bank Sumut Cabang Lima Puluh Djoko, serta kasi dilingkungan Disdik serta Korwas Solihin, semua Korwil, ketua MKKS SMP Tobok Situmorang Ketua K3S serta Kepala UPTD SD SMP dari peserta lomba dan  perwakilan media cetak elektronik yang berkesempatan hadir bersama.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini