Kasus Covid-19 di Sumut Melonjak, Edy Rahmayadi: Tak Cukup Tempat Tidur, Kita Tambah

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF – Angka kasus terkonfirmasi positif covid-19  di Sumatera Utara (Sumut) melonjak, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengaku pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya agar kondisi bed occupancy rate (BOR) tetap dapat menampung seluruh pasien covid-19 di Sumut.

"BOR ini kita kendalikan. Kalau tak cukup tempat tidur, kita tambah tempat tidur ini. Perlu ditambah rumah sakit, kita tambah rumah sakit. Karena ada rumah sakit-rumah sakit cadangan yang disiapkan apabila terjadi peningkatan yang signifikan," jelas Edy Rahmayadi, Kamis (15/7/2021).

Begitu juga dengan kesiapan tenaga kesehatan (nakes) yang bersiaga menangani pasien covid-19 di Sumut, Edy menilai masih mencukupi.

"Sampai saat ini masih bisa kita kendalikan. Karena kita bersama-sama IDI, bersama-sama nakes lainnya untuk selalu evaluasi kesiapan-kesiapan nakes ini," ujarnya.

Hanya saja, orang nomor satu di Pemprov Sumut itu terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk patuh menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Selama pelaksanaan PPKM Darurat maupun PPKM Mikro masyarakat diminta untuk mengurangi aktifitas atau meminimalisir keluar rumah bila tidak ada keadaan yang mendesak.

"Masyarakat tak perlu khawatir. Masyarakat hanya perlu disiplin prokes," tegasnya.

Sebelumnya, Satgas penanganan Covid-19 Sumut beberapa hari terakhir disebut gencar melakukan tracing (pelacakan) kasus positif covid-19. Sehingga berdampak melonjaknya kasus covid-19 di Sumut. Di tanggal 13 Juli 2021 tercatat ada 811 kasus konfirmasi positif kumulatif covid-19, sedangkan pada tanggal 14 Juli 2021 terjadi penambahan konfirmasi positif kumulatif covid-19 sebanyak 896 kasus.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini