Program Kerja 100 Hari Bupati Samosir di Dukung Starbucks Farmer Support Center

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Penanaman perdana  merupakan penanaman bibit kopi partisipatif guna mendukung kinerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Samosir.

Bupati diwakili Sekdakab Jabiat Sagala, penanam bibit kopi di Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu, Kamis (22/7/2021), Samosir.

Pada kesempatan itu turut hadir pimpinan Starbuck Famer Support Center; pimpinan PT Sumatera Specialty Coffee (SSC) Surip Mawardi, Para Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Onanrunggu, Kepala Desa Sipira serta masyarakat.

Kegiatan yang bertujuan untuk mendukung program kerja 100 hari Bupati/Wabup Samosir dengan mengedukasi para petani kopi tentang cara bertanam kopi berbasis “good agriculture practices” (praktik-praktik pertanian yang baik) secara berkelanjutan.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Victor Sitinjak dalam laporannya menyampaikan agar kelompok tani berkomitmen untuk memelihara dan merawat kopi yang ditanam sehingga menghasilkan panen sesuai standar yang ditetapkan serta dapat dipasarkan kepada pihak Starbucks.Berharap tetap terjalin kerja sama dengan Starbucks untuk pengembangan kerja sama lanjutan.

Bibit kopi bersertifikat siap tanam yang dibibitkan di lahan kelompok tani Siboan Tua, Desa Sipira akan diserahkan kepada tiga kelompok tani yakni;

1. Siboan Tua Desa Sipira, Kecamatan Onanrunggu; 2. Purma, Desa Ronggurnihuta, Kec Ronggurnihuta.

3. Mulia Tani Desa Lintongnihuta, Kec Ronggurnihuta, masing-masing menerima 23.000 batang bibit kopi.

Bupati diawali Sekda, meminta perhatian seluruh masyarakat Desa Sipira agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) mengingat lonjakan angka konfirmasi positif yang tinggi . Selanjutnya, juga memaparkan bahwa 85% dari 144.000 jumlah penduduk Samosir adalah petani dan pertanian merupakan basis pembangunan di samping pariwisata sebagai satu kesatuan.

 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyambut baik hibah murni dari Starbucks bagi para kelompok tani.

Sekilas, dijelaskan visi Samosir yaitu terwujudnya masyarakat yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Dia juga mengharapkan lewat hibah murni bibit kopi ini, kesejahteraan itu dapat tercapai dan menaikkan martabat masyarakat secara ekonomi.

Sekda menyampaikan, Pemkab Samosir menyampaikan terima kasih kepada Starbucks Support Famer Center atas bantuan yang diberikan dan mengharapkan kerja sama dapat dilanjutkan yang lebih luas lagi dalam hal pertanian kopi ke depannya.

Pimpinan Starbucks Surip Mawardi menyampaikan bantuan bibit kopi bersertifikat ini merupakan hibah murni dari Starbucks untuk membantu para petani kopi di Samosir.

Kalau para kelompok tani telah memanen kopinya, mereka dapat memasarkannya kepada siapa saja dan tidak harus ke Starbucks,” katanya sambil menjelaskan cara praktik mengelola pertanian kopi dengan baik.

Lanjut Surip, pihak Starbuck siap menerima hasil panen kopi para kelompok tani dengan syarat memenuhi standar yang ditetapkan pihak Starbucks.

Pada kegiatan ini, rombongan Pemkab beserta seluruh peserta melakukan penanaman yang disiapkan di Pea Bidang, Desa Sipira, Kec Onanrunggu.

Selanjutnya diadakan dialog interaktif antara anggota kelompok tani dengan pihak terkait yang dipandu oleh Kadis Pertanian Victor Sitinjak yang hasilnya akan didokumentasikan oleh Dinas Pertanian Samosir untuk ditindaklanjuti. (HTS/MSC) .

Share:
Komentar

Berita Terkini