Wabup Asahan Hadiri Rakor Evaluasi PPKM & Penyerapan Anggaran Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM  - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi bersama unsur Forkopimda Kabupaten Asahan mengikuti rapat kordinasi (rakor) evaluasi PPKM dan penyerapan anggaran penanganan covid-19 di hotel Grand Aston, kota Medan, Senin (27/9/2021).

Rakor tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kajatisu IBN Wiswantanu, SH, MH, Panglima Komando Daerah Militer 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sumatera Utara, Kepala BPKP Provinsi Sumatera Utara, Bupati/Wali Kota, Kapolres, serta Dandim, se-Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para kepala daerah tidak ragu untuk merealisasikan anggaran. Percepatan realisasi anggaran, menurutnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi Sumut, usai terhantam pandemi covid-19.

“Tahun anggaran ini tersisa kurang lebih tiga bulan lagi, jangan ragu merealisasikan anggaran tetapi tepat dan benar, kita berdiskusi dengan Kejatisu, Kapolda, BPK dan BPKP, jadi tidak ada lagi alasan takut, "katanya.

Edy Rahmayadi juga menjelaskan lambatnya serapan anggaran terjadi karena beberapa faktor seperti Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang mumpuni, takut kepada Aparat Penegak Hukum (APH) dan faktor alam. Selain karena faktor alam, dia berharap tidak terjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (SILPA).

Sementara itu,Kapolda Sumut Irjen Pol. R.Z Panca Putra Simanjuntak menegaskan telah memerintahkan kepada jajaran bawahannya untuk mendampingi kepala daerah dalam merealisasikan anggaran agar terhindar dari tindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme.

Jendral bintang dua itu juga mengatakan bahwa Polda Sumut dalam bertindak tidak langsung melakukan penangkapan, ada tahapan seperti upaya awal, upaya preventif, memberi warning, evaluasi kemudian penegakan hukum.

“Sudah saya sampaikan kepada bawahan saya jangan menakuti-nakuti, dampingi. Kalau ada yang main-main boleh disampaikan kepada saya. Ini demi kemajuan perekonomian Sumut, demi kesejahteraan rakyat. Kita juga dalam bertindak tidak mungkin langsung tangkap ada upaya-upaya yang dilakukan sebelumnya, "tegasnya.

Hal serupa disampaikan Kejati Sumut, IBN Wiswantanu, mengatakan upaya pemulihan ekonomi dilakukan dengan tetap menekan penyebaran covid-19 dan percepatan vaksinasi menjadi senjata yang utama dalam menekan penyebaran virus corona.

“Saat ini kita tidak ada lagi yang level 4, tetapi itu jangan membuat kita lengah karena untuk memulihkan ekonomi kita tetap harus mengendalikan penyebaran covid-19, "ajaknya.

Terpisah, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi usai mengikuti Rakor mengatakan pihaknya berharap dukungan dan arahan dari semua pihak terutama Pempropsu, Kejaksaan dan Kepolisian agar pelaksanaan program  percepatan penanganan  covid-19 di Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan baik dan terukur sesuai aturan yang berlaku sehingga serapan anggaran Kabupaten Asahan dapat terlaksana  sesuai dengan harapan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini