Bupati Samosir Meresmikan Pengurus Pokdarwis O² Lumban Pokki Ronggur Nihuta

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Bupati Samosir melakukan pengukuhan atau peresmian pengurus Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sijambur Kecamatan Ronggur Nihuta, Samosir.

Adapun pengurus Pokdarwis O² Lumban Pokki yang dikukuhkan yakni Ketua Jahadim Tamba, Sekretaris Eko Sihotang, Bendahara Linton Tamba dibantu Bidang-bidang lainnya, Jumat (29/10/2021).

 Pokdarwis bertugas untuk mengelola dan mengembangkan segala potensi yang ada di Desa Wisata Sijambur.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Dumosch Pandiangan menjelaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir tetap membangun pariwisata yang berkelanjutan dengan melibatkan anak-anak muda yang kreatif, melalui pengembangan Desa Wisata.

Desa Wisata Sijambur memiliki potensi sistem perlebahan, budidaya serai wangi yang sekaligus sebagai sarana edukasi serta rekreasi. Kedepan kawasan tersebut bisa menjadi pusat rujukan pengembangan perlebahan di Samosir bahkan di Sumatera Utara (Sumut).

Ketua Pokdarwis O² Lumban Pokki Jahadim Tamba melalui sambutannya menyampaikan, pengembangan perlebahan di Sijambur yang diawali dari inisiasi Kementerian Kehutanan dan  Lingkungan Hidup melalui KPH13 dengan memberikan bantuan bibit lebah madu.

Ditambahkan dengan konsep ALAM (ada alam ada madu), Pokdarwis O² Lumban Pokki akan berupaya semampu mungkin untuk mengembangkan potensi yang ada di Desa.

Konsep yang sudah dirancang kedepan adalah bagaimana peningkatan produksi madu dan turunannya, pengolahan serai wangi dengan nilai tambah, termasuk hasil olahan limbah menjadi kompos, dan makanan ternak. Serta mengembangkan Desa Wisata Sijambur menjadi pusat edukasi perlebahan.

“Kedepan, semua produk-produk di Desa Wisata Sijambur dapat difasilitasi oleh Pemkab dalam hal pengemasan dan pelabelan produk. Dan tentunya harus mengutamakan Kualitas Produk.

Ketua DPD ILMI (Inspirator Lebah Madu Indonesia) Samosir Tomuraja Tamba menyampaikan selamat kepada Desa Wisata Sijambur dan Pokdarwis O² Lumban Pokki. Kegiatan ini diharapkan menginspirasi masyarakat dalam perlebahan dan pelestarian alam, karena tanpa alam tidak ada lebah.

ILMI Samosir sangat mendukung dan  akan berupaya bagaimana Samosir lestari alamnya, madunya berlimpah. Karena madu memiliki manfaat yang luar biasa.

Sementara Bupati Samosir,Vandiko T. Gultom menyampaikan Selamat dan Sukses kepada pengurus Pokdarwis yang baru dikukuhkan semoga mampu mengemban tugas pengembangan kepariwisataan. Kepada pemilik lahan yang bersedia memberikan lahannya untuk dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi hutan lebah, Bupati menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

“Mari bersinergi dengan Pemkab, agar kedepan bisa berkembang dan mandiri secara ekonomi dengan mengandalkan semua potensi yang ada. Pemerintah akan hadir membekali melalui pelatihan dan pembinaan bagaimana memberi nilai tambah bagi produk-produk yang ada,” pinta Bupati. (HTS/

Share:
Komentar

Berita Terkini