Bupati & Wakil Bupati Asahan Hadiri Gebyar Tanam Pisang

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan H. Surya dan Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, menggelar Gebyar tanam pisang Barangan di dusun XIII, desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (13/10/2021).

Gebyar tanam pisang tersebut dihadiri Anggota DPRD Provsu Dapil V Ebenezer Sitorus dan Dirut PT Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan , Oktoni Erianto, menyampaikan bahwa gebyar tanam pisang yang dilaksanakan saat ini menjadi langkah awal untuk mewujudkan pengembangan komoditi pisang barangan di Kabupaten Asahan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.

Oktoni Erianto juga menjelaskan bahwa bibit tanaman pisang barangan ini bersumber dari bantuan Dana APBD Provinsi Sumatera Utara tahun 2021 yang bekerjasama dengan PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan.

"Bibit pisang barangan Merah ini bersertifikat hasil dari pengembangan teknologi kultur jaringan sebanyak 5000 batang serta pupuk organik sebanyak 5000 Kg untuk lahan seluas 5 Ha yang di serahkan kepada kelompok tani Harapan Jaya Desa Simpang Empat, "katanya.

Sementara itu, Bupati Asahan, Surya, menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi domestik dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Masih kata, Bupati Asahan, melalui Dinas Pertanian. Pemkab Asahan akan terus melaksanakan upaya peningkatan nilai ekonomi, melalui Investasi dan ekspor komoditas pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang positif, baik yang berasal dari sub sektor pangan, hortikultura maupun perkebunan.

“Komoditi pisang barangan merah merupakan komoditi yang memiliki nilai prospek yang positif untuk dikembangkan secara komersil, seperti di kecamatan Simpang empat, Sei Kepayang, Bandar Pulau, "sebutnya.

Bupati Asahan, Surya, juga mengatakan pengembangan pisang barangan merah didukung oleh PT Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan yang menerapkan teknologi budidaya pisang barangan dengan teknik kultur jaringan.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini