DPRD Samosir Komisi ll Konsultasi ke DPRK Banda Aceh

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – DPRD Samosir melalui Komisi II melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DPRK Banda Aceh dalam rangka penerapan sistem pertanian terpadu, Sabtu (9/10/2021), Samosir.

Rombongan DPRD Kabupaten Samosir ini diterima langsung oleh Sekretaris DPRK Banda Aceh, Tharmizi, S.E., M.Si didampingi Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Banda Aceh, drh. Mawardi Silvakarta.

Anggota Komisi II DPRD Samosir, Noni Silvia Situmorang mengatakan bahwa kunjungan tersebut untuk membahas pengelolaan pertanian terpadu untuk memaksimalkan produk pertanian guna memenuhi kebutuhan pasar di Banda Aceh.

“Dimana DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendorong petani dalam menerapkan sistem pertanian organik secara terpadu guna mengoptimalkan produktivitas agro-ekosistem secara alami yang mampu menghasilkan bahan pangan berkualitas juga berkesinambungan”, jelasnya. 

 Menjawab apa yang di sampaikan DPRD Kabupaten Samosir, Sekretaris Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Kota Banda Aceh, drh. Mawardi Silvakarta menjelaskan bahwa Banda Aceh senantiasa melakukan pendampingan berupa pelatihan juga memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (alsintan) guna meningkatkan produktivitas pertanian.

Alsintan menurutnya, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mempercepat proses pengolahan tanah di saat masa tanam maupun masa panen. Sehingga dapat meningkatkan serta memberikan nilai tambah untuk petani dan peningkatan perekonomian masyarakat petani.

“Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh telah melakukan modernisasi alsinta agar pertanian semakin maju, mandiri dan lebih modern.

Sehingga pemberian bantuan alsinta kepada petani memiliki tujuan guna memudahkan kinerja para petani di lapangan,” ungkàpnya.

Ditambahkan dia, Banda Aceh akan selalu mendorong sistem pertanian organik sebagai bentuk dukungan kebijakan berdasarkan kajian empiris dengan sinkronisasi peraturan perundang-undangan.

Menanggapi penjelasan dari Kadis Pertanian Kota Banda Aceh itu, DPRD Samosir menyampaikan ucapan terimakasih atas penjelasannya dan akan melakukan koordinasi atau rapat bersama Pemkab Samosir. (HTS/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini