Bank Sumut Sosialisasikan Aplikasi CMS Kepada OPD Pemkab Asahan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Dalam rangka mendukung pengelolaan transaksi pemerintah daerah yang bersifat non tunai. Bank Sumut Kantor Pusat menggelar sosialisasi penerapan Cash Management System (CMS) bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Asahan di aula Melati kantor Bupati Asahan, Selasa, (9/11/2021).

Pimpinan Bank Sumut Cabang Kisaran, Fadli, mengatakan aplikasi CMS ini bermanfaat untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan perbankan khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah yang mandiri dan berbasis non tunai.

“Aplikasi CMS akan membantu Pemkab Asahan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dan mengapresiasi Pemkab Asahan, karena tetap memberikan kepercayaan BANK Sumut dalam pengelolaan dan transaksi keuangan daerah, "katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan John Hardi Nasution, berharap aplikasi CMS dapat mendukung salah satu program prioritas Pemkab Asahan.

John Hardi Nasution juga mengatakan aplikasi CMS merupakan transparansi birokrasi yang memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, sehingga menghasilkan transaksi yang tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif dan bertanggung jawab yang tertuang dalam pasal 283 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014.

Sekdakab Asahan Jhon Hardi Nasution juga mengatakan manfaat dari transaksi non tunai secara internal adalah untuk mengetahui aliran seluruh transaksi, sehingga lebih akuntabel, setiap transaksi didukung bukti yang sah, pengendalian Kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan Kas dan mewujudkan tertib administrasi atas pengelolaan Kas, menghasilkan laporan polisi Kas secara riil dan proses laporan akhir tahun cepat dan akurat, membangun kedisiplinan pengelolaan keuangan dalam melakukan pencatatan dengan meminimalisir kesalahan, belanja lebih efektif dan efisien.

"Sistem pengelolaan transaksi non tunai harus menjadi perhatian seluruh OPD dalam menciptakan tata kelola keuangan pemerintah yang bersih dan setiap bendahara harus memahami CMS guna mengontrol uang masuk dan keluar, "tegasnya.

Dikesempatan itu juga, pelaksana pemimpin Bidang Pemasaran, Pemerintahan dan Korporasi Bank Sumut Pusat, Muhammad Fikrie, menjelaskan penggunaan aplikasi CMS kepada setiap pimpinan OPD Pemkab Asahan dan Camat. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini