Pemkab Asahan Gelar Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar rapat koordinasi penanganan covid-19, bertempat di aula Melati kantor Bupati Asahan, Senin (15/11/2021).

Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Asahan John Hardi Nasution, Kepala Dinas Kominfo  Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, Kepala Dinas BPBD Kabupaten Asahan Asrul Wahid, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asahan Syamsuddin, para asisten, camat.

Sekdakab Asahan John Hardi Nasution menyampaikan bahwa pemerintah berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama tanpa henti dalam menekan angka penyebaran kasus covid-19 di Kabupaten Asahan ini.

"Saya harap satuan tugas covid-19 agar benar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturan yang ada dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan, "sebutnya.

Kata John Hardi, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 48 Tahun 2021 yang terbit tanggal 04 Oktober 2021, Kabupaten Asahan masuk dalam kategori Level 3 terkait kasus covid-19 di Indonesia.

Masih kata dia, penetapan level wilayah sebagaimana dimaksud pada Diktum Kesatu berpedoman pada indikator penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambhakan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dan vaksinasi dosis 1 untuk lanjut usia di atas 60 tahun. 

Selain itu, kata John Hardi, dari target vaksinasi dengan ketentuan Penurunan level kabupaten/ kota dari level 3 menjadi level 2 dengan capaian total vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50% dan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40%.

"Instruksi Mendagri Nomor 58 Tahun 2021 yang terbit tanggal 08 November 2021. Target pemerintah turun ke level 1 atau 2 pada 23 November 2021 dengan ketentuan lenetapan level wilayah, "katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, menjelaskan terkait perkembangan vaksinasi di Kabupaten Asahan, dimulai dari Februari 2021 dan hingga kini telah berlangsung 9 Bulan pada tanggal 13 November 2021 yang telah divaksinasi sebanyak 364.745 orang, dengan rincian dosis 1 sebesar 263.480, dosis 2 sebesar 99.603, dan dosis 3 (khusus tenaga kesehatan) sebesar 1.662 orang.

Hari Sapna juga menjelaskan, strategi operasional kedepannya untuk target vaksinasi sebesar 70% sampai akhir Desember 2021 dengan dosis I lansia minimal 40%.

"Dibutuhkan vaksin 150.000 Dosis dengan lama pengerjaan 45 hari dan pemetaan sasaran dan cakupan vaksinasi harus dilakukan di Faskes dan tempat yang disesuaikan dengan banyaknya sasaran serta penyebaran penduduk, "katanya.

Vaksinasi akan melibatkan banyak faskes pada kecamatan yang masih tinggi sasaran masyarakat yang belum di vaksinasi (>5.000 orang), yaitu : Kec. Kota Kisaran Timur, Kec. Pulo Bandring, Kec. Kota Kisaran Barat, Kec. Sei Dadap, Kec. Simpang Empat, , Kec. BP Mandoge, Kec. Air Joman,  Kec. Air Batu, Kec. Tanjung Balai, Kec. Aek Kuasan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini