SMANSA Peringati HGN Ke-76

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kalau dulu guru masih belum dihargai, tetapi sekarang sudah mulai yang ditandai dengan sudah adanya tunjangan sertifikasi guru dari pemerintah.

Tentunya ke depannya diharapkan para guru meningkatkan cara kerjanya mulai dari segi kehadiran, cara mengajar supaya kualitas generasi masa mendatang lebih bagus.

Demikian Kepala SMAN-1 Medan (SMANSA) Sabar SPd MSi didampingi Wakil Kepsek Bidang Humas Sudirman Sormin MPd kepada wartawan ketika ditemui usai seremonial kegiatan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-76 di aula Raja Inal Siregar SMAN 1 Medan, Kamis (25/11/2021).

Dikatakannya, saat ini masih berlangsung pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas baik luring maupun daring. Dua hari di sekolah dan empat hari di rumah.

"Hal ini membutuhkan situasi dan kerja keras dari guru, bagaimana dengan situasi pembelajaran seperti ini bisa dimanfaatkan guru dengan menggali siswa tanpa mengurangi kualitas dan cara mengajar yang baik," tukasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan ada beberapa perbedaan pembelajaran metode lama dengan yang sekarang ini, di mana kalau dulu pembelajaran monoton dari guru seratus persen baik semua bahan dan lainnya. Kalau sekarang ini dengan kurikulum 13 (K13), guru hanya mengarahkan anak didik yang menggali sendiri sehingga kualitas lebih bagus. 

"Guru hanya memberikan pengantarnya," paparnya sembari menyampaikan dirinya menjadi guru mulai tahun 1987. Kalau mengajar  di SMAN 1 Medan sudah 21 tahun.

Ia berharap ke depannya, pendidikan lebih maju khususnya di SMAN 1 Medan yang dahulunya banyak murid yang dihasilkan dari sekolah ini dari pejabat kedepannya menjadi lebih baik lagi. 

Ke depannya, sekolahnya juga akan lebih memfokuskan membenahi siswa guna mengikuti kegiatan olimpiade sains atau Kompetisi Sain Nasional (KSN) di mana tahun ini ada 6 siswa yang berhasil di tingkat provinsi dan satu masuk di tingkat Nasional. "Ke depannya akan lebih kita tingkatkan lagi," paparnya dengan membuat kelas khusus pelatihan KSN.

Kegiatan HGN ke-76 yang bertemakan "Bergerak dengan hati pulihkan pendidikan" yang dilaksanakan SMANSA Medan diwarnai dengan penyerahan hadiah perlombaan ucapan HGN ke-76 yang diikuti siswa di semua kelas dan tingkatannya di mana untuk kelas X Juara I Kelas X MIPA 3, Juara II Kelas X MIPA 9, Juara III Kelas X IPS 3, Kelas XI Juara I Kelas XI IPS 2, Juara II Kelas XI IPS 3, Juara III Kelas XI MIPA 2. KELAS XII Juara I Kelas XII MIPA 2, Juara II Kelas XII MIPA 1, Juara III Kelas XII MIPA 4. Untuk penyerahan hadiah bagi yang juara diundang kepada 1 (Satu)  orang perwakilan kelas hadir.

Sebelumnya, juga dilaksanakan perpisahan dengan lima guru yang sudah memasuki masa purnabakti yakni Fatimah Sembiring SPd, Rosnilawati Ginting, Sepman Batubara SPd, Linny R Nasution SPd MHum dan Dra Zahro Baity.

Kepala SMAN 1 Medan dalam sambutannya menyampaikan selamat memasuki masa purnabakti.

"Pensiun bukan berarti berhenti berkarya. Banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di tengah tengah masyarakat," paparnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini