Penelitian Jurnal Ilmiah Bagi Peneliti Merupakan Bagian LPTK

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Penelitian jurnal ilmiah bagi peneliti merupakan salah satu bagian dari kegiatan revitalisasi LPTK yaitu melaksanakan riset kolaboratif tentang High Order Thinking Skills Literasi (HOTS Literasi) yang dipimpin dosen dengan tim peneliti anggota guru dan mahasiswa.

Demikian Ketua Panitia Winsyahputra MSi dalam sambutannya pada kegiatan "Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Peneliti Riset Kolaboratif HOTs Literasi Program Revitalisasi LPTK 2021" di Karibia Boutique Hotel Medan, Senin (6/12/2021).

Dikatakannya, selama 3 hari kegiatan yang berlangsung mulai 6-8 Desember 2021 di Hotel Karibia Medan dilaksanakan secara fullboard di mana peserta diberikan fasilitas penginapan sampai acara selesai.

Ia mengungkapkan tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kompetensi literasi dosen, mahasiswa, guru, dan siswa yang berstandart pada kriteria literasi internasional. 

Mengembangkan kompetensi dosen dilingkungan perguruan tinggi LPTK, mengembangkan kompetensi guru dalam mengajar dan memecahkan asesmen literasi membaca sains dan matematika, mengembangkan kompetensi mahasiswa untuk mendukung program MBKM, serta untuk memperkuat peranan perguruan tinggi LPTK dalam meningkatkan pencapaian literasi anak bangsa.

“Saat ini riset telah selesai dilakukan, ada sebanyak 9 jurnal ilimiah yang akan diterbitkan di jurnal yang terakreditas minimal sinta S2, dan laporan hasil penelitian sebanyak 9 dokumen yang akan di dokumentasikan di LPPM Unimed. Oleh karena itu salah satu kewajiban tim peneliti adalah mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal bereputasi minimal sinta S2. Untuk itu diperlukan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tim peneliti tentang bagaimana menulis jurnal ilimiah," ujar Winsyah.

Kegiatan workshop penulisan jurnal ini dibuka Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes yang mengatakan pimpinan/Unimed mendukung penuh kegiatan workshop penulisan jurnal ini, agar peserta nantinya dapat mempublikasikan jurnal nya pada jurnal bereputasi minimal sinta S2. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas publikasi dosen. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan dengan baik sampai selesai nantinya,” tutur beliau.

Di sisi lain Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd mengatakan kegiatan ini penting diadakan karena untuk meningkatkan cara berfikir dan inovasi berfikir. “Itu sebabnya penulisan jurnal ilmiah perlu dilakukan Riset Kolaboratif HOTs Literasi, karena dengan melakukan riset kolaboratif hots membantu untuk mengubah cara berfikir, dan meningkatkan cara berfikir kita. Untuk itu sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) mendukung penuh untuk penulisan jurnal ilmiah agar dapat mempublikasikan jurnalnya pada jurnal bereputasi minimal sinta S2, dan kedepan menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas tinggi,” paparnya.

Dalam acara pembukaan turut hadir Wakil Rektor II, Wakil Rektor III dan Wakil Rektor IV Unimed, serta Ketua LPPM Unimed. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini