USU Desain Ideal Universitas Standar Internasional

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) memiliki desain ideal menjadi universitas berstandar internasional berciri keunggulan lokal. Parameter terukur dari berstandart internasional ini masuk dalam peringkat 500 universitas terbaik dunia (World Class University).

Demikian Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi didampingi Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing MP dan Kepala Humas Protokoler dan Promosi USU Amelia Meutia MPsi Psikologi saat menggelar pertemuan silaturahmi akhir tahun 2021 dengan Wartawan Media Mitra USU di Rumah Makan Kalasan Medan, Minggu (26/12/2021).

Dikatakannya, USU saat ini juga tengah melaksanakan perubahan tata kelola lembaga yang mulai dilakukan secara bertahap. Di antaranya merevisi struktur organisasi yang agile dan memenuhi capaian kinerja organisasi, meningkatkan kualitas sumber daya dosen dan tenaga kependidikan, merevitalisasi seluruh sarana prasarana dalam prinsip sharing tools dan memperkuat fasilitas laboratorium yang dimiliki.

Untuk bidang Akademik, sambung Rektor, substansi yang sangat penting yang akan diadaptasi adalah meningkatkan kemampuan digitalisasi proses pembelajaran melalui hybrid learning process dan memfasilitasi terciptanya kelas kolaboratif dan partisipatif.

“Dalam bidang riset dan pengabdian masyarakat yang terus digiatkan adalah memperbanyak riset terapan melalui research group dengan TKT yang sesuai untuk mencapai hilirisasi,” ucapnya.

Di sisi lain, Rektor juga menyampaikan, produk ilmiah yang dihasilkan USU harus memiliki nilai komersialisasi dengan cara melibatkan industri dalam sharing funding dan experiences yang menguntungkan kedua pihak.

“Untuk mempercepat pelaksanaan transformasi tersebut, sangat diharapkan peran para Guru Besar USU sebagai leader untuk menyemaikan perkembangan keilmuan di Kampus USU yang memberikan dampak terhadap tawaran solusi praktis mengatasi persoalan sosial dan kebijakan publik oleh industri strategis maupun pemerintah serta lembaga komunitas masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, diutarakannya, USU juga telah menyiapkan exist program yang diterapkan dalam kebijakan umum selama lima tahun, yakni fokus dengan excellent human integrity, smart friendly and green campus, global society impact, good university governance dan sustainable funding.

"Hal ini kami lakukan untuk mengejar target/tujuan Renstra USU 2020-2024 dalam mewujudkan internasionalisasi USU, Program Kerja Rektor USU 2021-2026 serta menembus peringkat 500 QS WUR," paparnya.

Menurutnya, program internasionalisasi yang tengah dipersiapkan USU agar proses menuju desain ideal ini mengalami akselerasi, telah digulirkan dan tengah dilaksanakan melalui enam program prioritas, yakni merevitalisasi kelembagaan dan tata kelola adaptif, adaptasi tugas Tri-Dharma, penataan infrastruktur, digitalisasi kampus, enterprise kampus, dan kerja sama.

"Program prioritas ini diharapkan akan memberikan percepatan dalam mewujudkan pengembangan USU di tahun-tahun berikutnya," paparnya.

USU juga mulai membangun kekuatan baru dengan mengoptimalkan seluruh potensi dosen dan Guru Besar dalam menghadapi tantangan di bidang riset. Hal ini menyahuti kebijakan Kemendikbudristek yang telah menetapkan tiga tema riset yang akan mendapatkan prioritas pendanaan yaitu tema blue economy, green economy, dan digital/artificial intelligence.

“Tantangan itu yakni menghasilkan produk ilmiah yang memiliki nilai hilirisasi dan komersialisasi, selain tulisan publikasi jurnal dan buku yang memenuhi persyaratan untuk digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kerja sama dengan dunia industri,” tukasnya. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini