Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumut Gelar Sosialisasi SIAP QRIS Kepada Pedagang Pusat Pasar Medan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara melalui Nasrullah (Deputi Direktur) menggelar. " Sosialisasi SIAP QRIS Kepada Pedagang Pusat Pasar Medan, Selasa (15/2/2022).

Untuk perkembangan QRIS Bank Indonesia terus berupaya untuk mempercepat digitalisasi sistem pembayaran, dalam mendukung akselarasi ekonomi keuangan digital Nasional, kata Nasrullah.

Dijelaskannya salah satu kebijakan sistem pembayaran yang tengah didorong adalah implementasi dan perluasan. Penggunaan sistem pembayaran menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) QRIS merupakan standarisasi pembayaran non tunai berbasis QR yang dikembangkan oleh ASPI&Bank Indonesia.

Diterangkan Nasrullah Bank Indonesia terus memperluas implementasi QRIS Terhitung pada  31 Desember 2021 telah terdapat sekitar 14,2 juta merchant QRIS di Indonesia, dengan 610 ribu diantaranya berada di Sumatera Utara. QRIS Sudah dapat digunakan berbagai komunitas seperti rumah ibadah, tempat pariwisata, warung, pajak dan retribusi daerah lembaga sosial dan lain-lain.

Penjelasan Program Siap QRIS.Menurut Nasrullah arahan Kementerian Perdagangan RI prihal Implementasi Digitalisasi Pasar Rakyat diselenggarakan piloting program SIAP QRIS di 51 Pasar Rakyat yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Program SIAP QRIS Kota Medan Bank Indonesia bersama Dinas Perdagangan Kota Medan serta Perusahaan Dagang (PD) Pasar Kota Medan bersinergi untuk melakukan implementasi program S.I.A.P QRIS Sebagai pilot projeck pada empat pasar di Kota Medan, yaitu Pasar Petisah, Pasar Sei Sikambing, Pasar Kampung Lalang  dan Pusat Pasar.

Selain itu Bank Indonesia juga berkolaborasi dengan penyedia jasa pembayaran (PJP) terkait akuisisi merchant dan monitoring paska akuisisi pada empat terpilih sebagai pilot projeck program ini dapat menjadi percontohan bagi pasar-pasar lainnya yang ada di Kota Medan.

Harapan Diselenggarakannya Sosiolisasi QRIS Para peserta Kegiatan yang berbahagia dengan implementasi S.I.A.P QRIS ini juga semakin memudahkan para pedagang pasar tradisional untuk dapat mengakses layanan pembayaran yang CEMUMUAH. (Cepat, mudah, murah, aman, dan handal) serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini