Pemkab Samosir Sambut Kunjungan Akpar Paramitha Bukit Tinggi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyambut baik atas kedatangan Akademi Pariwisata (Akpar) Kota Bukit Tinggi.

Rombongan yang berjumlah 65 orang terdiri dari dosen dan mahasiswa Akpar Paramitha Bukit Tinggi melakukan kaji banding ke Samosir, Rabu (9/2/2022), Samosir.

Rombongan disambut oleh Kepala Dinas (Kadis) Tetty Naibaho beserta jajarannya Kebudayaan dan Pariwisata.

Rombongan dosen dan mahasiswa diajak mengunjungi sejumlah objek wisata budaya, antara lain Tomok, Kampung Ulos Huta Raja, Perkampungan Siraja Batak Sigulatti dan Pusat Informasi Geopark.

Selain itu, rombongan juga memanjakan mata untuk menikmati keindahan alam Samosir dan Danau Toba dengan mengunjungi Bukit Sibea-bea dan Kawasan Tele.

Saat mengunjungi Tomok, para mahasiswa tampak antusias mendengarkan kisah patung Sigale-gale yang diceritakan guide lokal di objek tersebut. Bahkan, mereka ikut bersuka ria dengan manortor bersama patung Sigale-gale diiringi musik Batak.

Tiba di Kampung Ulos Huta Raja, para mahasiswa tampak serius menyaksikan tangan-tangan kreatif perempuan Batak dalam menenun, menggulung benang menerangkan proses pembuatan Ulos Batak.

Ada sebagian mahasiswa juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait Ulos Batak dan rumah adat yang berdiri kokoh di sepanjang Huta Raja.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir pun mengadakan kuis singkat di lokasi yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo itu dengan mengajukan pertanyaan seputar adat Batak dengan memberikan hadiah berupa souvenir kepada para mahasiswa yang bisa menjawab.

Para mahasiswa tampak antusias menjawab pertanyaan tersebut, bermodalkan informasi serta pengetahuan yang mereka peroleh setelah mengunjungi beberapa destinasi.

Salah seorang dosen Akpar Paramitha, yaitu Rinaldi, S.Par mengaku sangat kagum pada Samosir.

Disampaikan dia bahwa Samosir benar-benar sebuah negeri indah kepingan surga, dimana objek-objek wisata di hampir seluruh kawasan memang begitu indah, ditambah dengan hotel yang sangat nyaman dan disempurnakan dengan pelayanan yang baik.

Rinaldi berharap, pariwisata Samosir ke depan semakin maju dan studi lapangan seperti saat ini semakin sering dilaksanakan di Samosir.

“Nanti kita akan bantu promosikan Samosir. Promosi dari mulut ke mulut saya kira sangat bagus. Kita akan sampaikan ke teman-teman di Sumatera Barat agar mengunjungi Samosir ini,ucap Rinaldi menutup.(HTS/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini