Bupati Asahan Resmikan Kampung Pancasila

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Asahan Surya bersama Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Frangki Susanto meresmikan Kampung Pancasila di Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kamis (10/3/2022).

Bupati Asahan Surya, mengatakan diresmikannya Desa Simpang Empat sebagai Kampung Pancasila diharapkan semakin terpeliharanya persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat.

Bupati Asahan Surya juga mengapresiasi masyarakat yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai terkandung dalam Pancasila.

"Harapan saya seluruh desa yang ada di Kabupaten Asahan dapat mencontoh Desa Simpang Empat yang dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama, "katanya.

Selanjutnya, Bupati Asahan Surya menekannkan bahwa walau berbeda bukan menjadi suatu alasan untuk terpecah belah, namun perbedaan ini menjadi suatu kekuatan.

Hal serupa disampaikan Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Franki Susanto, bahwa latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila adalah untuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kerukunan umat beragama, penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama saling menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda keyakinan.

Masih kata Letkol Inf Franki Susanto, bahwa latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila ada hal lain yang dapat perhatikan yaitu penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan setiap hari sebagai bangsa yang bermartabat.

"Kampung Pancasila ini juga dibentuk sebagai contoh toleransi antar umat beragama yang hidup damai dalam perbedaan, tanpa ada konflik, "sebutnya.

Letkol Inf Franki Susanto menjelaskan di desa Simpang Empat terdapat beberapa penganut agama yang selalu hidup dengan damai dan rukun yakni Islam, Kristen Protestan, Katolik dan Budha. Kerukunan umat beragama tersebut terbukti dari rumah Ibadah yang letaknya saling berdekatan meski berada dalam satu area dan sampai saat ini masyarakat di kampung tetap menghargai agama lainnya. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini