Pemkab Asahan 5 Kali Raih Opini WTP LKPD Tahun 2021 Dari BPK RI

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan kembali  meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Asahan tahun anggaran 2021 di aula BPK RI Perwakilan Sumatera Utara Kamis (28/04/2022).

Laporan Hasil Pemeriksaan BPK dengan Opini WTP diserahkan langsung oleh  Pimpinan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan Kepada Bupati Asahan H. Surya, BSc. Didampingi Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi,  Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution,MSi, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin, SE.

Opini atas laporan keuangan disusun dengan mempertimbangkan 4 kriteria, yakni kesesuaian laporan keuangan dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Dalam mekanismenya, Laporan keuangan wajib disampaikan Pemerintah Daerah  kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah).

Capaian ini merupakan kali ke Lima bagi Pemkab Asahan yang berhasil mempertahankan Opini WTP untuk LKPD Tahun Anggaran 2021. Dimana raihan tersebut diperoleh secara berturut-turut sejak 2017.

Atas keberhasilan tersebut. Bupati H Surya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan LKPD TA 2021, sehingga diperoleh hasil yang sangat memuaskan yakni opini WTP.

"Raihan ini merupakan kebanggaan bagi Pemerintah  Kabupaten Asahan, karena bisa mempertanggungjawabkan anggaran tahun 2021. Sehingga Pemkab Asahan memperoleh Opini WTP untuk yang ke lima kalinya secara berturut- turut, "katanya.

Bupati Asahan Surya juga mengatakan bahwa Pemkab Asahan akan berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap  Program Pembangunan dan akan selalu berusaha melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Asahan.

"Semua demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter, "ungkapnya. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini