Weekend Keren Bersama KILAP PUSTAKA di Taman Kota Kabanjahe Kabupaten Karo

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ada hal baru pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 April 2022, Weekend Keren berupa Kegiatan Literasi Akhir Pekan Perpustakaan Terbuka di Taman Kota (KILAP PUSTAKA). Kegiatan di Taman kota Jalan Veteran, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini berupa pembukaan lapak baca yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Umum Kabupaten Karo bertepatan dengan peringatan Hari Buku Sedunia tanggal 23 April.

KILAP PUSTAKA ini akan diselenggarakan secara rutin setiap akhir pekan mulai pukul 13.00 WIB s/d 16.00 WIB, dengan tujuan memberikan pilihan alternative rekreasi edukatif di akhir pekan bagi masyarakat terutama generasi muda yang banyak meluangkan waktu akhir pekan mereka dengan melakukan berbagai macam aktivitas di area Taman Kota Kabanjahe. Diharapkan pengunjung KILAP PUSTAKA ini akan berkembang dan bertambah seiring waktu, tidak hanya dimanfaatkan oleh pengunjung Taman Kota tetapi oleh seluruh masyarakat terutama di sekitar Kecamatan Kabanjahe yang memang berkunjung ke Taman Kota Kabanjahe dengan tujuan utama untuk membaca buku.

Pada pembukaan perdana, acara yang diselenggarakan pada KILAP PUSTAKA ini masih berupa kegiatan membaca. Kedepannya Perpustakaan Umum Kab. Karo mengagendakan kegiatan literasi lainnya yaitu praktek prakarya siswa/i sekolah, kelas bercerita, kelas menggambar/mewarnai dan kegiatan rekreasi edukatif lainnya.

Latar belakang Pelaksanaan KILAP PUSTAKA ini dari kekhawatiran akan kemajuan teknologi  yang semakin canggih dan meluas tanpa batas dalam masyarakat, terutama di kalangan generasi muda yang begitu mudah menerima informasi lewat media digital yang seringkali tanpa saringan berita/informasi terlebih dahulu. 

Dengan tingkat kematangan cara berpikir yang berbeda-beda pada setiap individu penerima berita/ informasi dan rendahnya tingkat literasi masyarakat terutama generasi muda sehingga tidak mustahil mereka salah mempersepsikan berita/ informasi yang diterima. Lewat program KILAP PUSTAKA ini, Perpustakaan Umum Kabupaten Karo kembali mengingatkan pentingnya membaca buku sekalipun di Era Kemajuan Teknologi Informasi Modern saat ini. Buku tetap mempunyai nilai keunggulan dan peran yang tidak bisa digeser atau digantikan dengan smartphone.

Mengingat pentingnya penggiat aktivitas membaca bagi peningkatan kemampuan literasi masyarakat, Perpustakaan Umum Kabupaten Karo juga berharap kegiatan KILAP PUSTAKA ini didukung oleh semua pihak lewat promosi dan kunjungan pada waktu dan tempat tersebut diatas.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini