BPJS Ketenagakerjaan Bersama GKSK & KUBE Kuliner Asahan Sosialisasikan BPJS Bagi Pelaku UMKM

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan menggelar sosialisasi kepada pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam GKSK di Titik Kopi Desa Seikamah II, Kecamatan Sei Dadap, Senin (18/7/2022).

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut di fasilitasi oleh Grup Kuliner Sei Kamah (GKSK) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kuliner Kabupaten Asahan yang dihadiri oleh Anggota DPRD Asahan dari Fraksi Golkar Lindung Panjaitan dan pelaku UMKM.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, melalui Kepala Bidang Kepersertaan Ramadhan Syahputra Lubis mengatakan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan akan dijamin keselamatan dalam kecelakaan kerja.

Ramadhan menjelaskan bahwa manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan perlindungan dari resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami pekerja pada saat bekerja.

"Manfaat yang diberikan berupa uang tunai dan pelayanan kesehatan pada saat peserta mengalami kecelakaan kerja, "katanya.

Selain jaminan kecelakaan kerja. Ramadhan juga mengatakan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan juga mendapatkan Jaminan Kematian (JKM).

"Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal juga diberikan santunan kematian bagi keluarga dan beasiswa untuk 2 orang anak peserta yang memenuhi iur minimal 3 tahun dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan, "ungkapnya.

Ia juga berharap para pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Asahan dapat terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan guna perlindungan dari resiko kecelakaan kerja yang dapat dialami pada saat bekerja.

"Saat ini peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaku usaha UMKM masih 15% dan tahun depan target kita 50 % pelaku usaha UMKM dapat terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, "ujar Ramadhan Syahputra Lubis menambahkan.

Sementara itu, Anggota DPRD Asahan Lindung Panjaitan mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan yang telah menggelar sosialisasi bagi pelaku usaha UMKM di Desa Sei Kamah II.

Lindung Panjaitan juga berharap para pelaku usaha UMKM mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan dari pemerintah pusat guna perlindungan diri dari resiko kecelakaan pada saat bekerja.

"Program ini sangat baik dan bermanfaat, harapan kita para pelaku usaha UMKM mendaftarkan diri untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, "sebutnya.

Hal serupa disampaikan ketua GKSK Arif atau yang akrab disapa Rifan Sihombing dan ketua KUBE Kuliner Asahan Indra Utama mengajak para pelaku usaha UMKM untuk terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.(SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini