Wabup Asahan Hadiri Munas I AKPSI di Jakarta Pusat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi didampingi Kadis Pertanian Ir. Oktoni Erianto, MMA menghadiri  MUNAS I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) di hotel Mercure Ancol Jakarta, Jumat (15/7/2022). Agenda utama MUNAS I ini adalah Komitmen Bersama Daerah penghasil Sawit dalam memperbaiki tata kelola Sawit Nasional. 

Ketua AKPSI, Yulhaidir yang juga Bupati Seruyan Kalimantan Tengah mengatakan MUNAS I Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) yang beranggotakan 160 Kabupaten Penghasil Sawit di 21 Provinsi adalah Bagaimana AKPSI  menjadi mitra strategis pemerintah dan steakholder perkebunan sawit dalam membangun, menata dan mengawasi tata kelola Sawit  dan juga menjadi wadah Pemerintah Kabupaten dalam memperjuangkan kepentingan Daerah penghasil sawit khususnya pendapatan daerah serta kesejahteraan Masyarakat di area perkebunan sawit.

 MUNAS I yang diinisiasi Asosiasi Kabupaten Penghasil Sawit Indonesia (AKPSI) tersebut dibuka oleh Mendagri Tito Karnavian dan dihadiri Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri terkait, Bupati/Wakil Bupati dari  160 Kabupaten Penghasil Sawit se Indonesia.

Dalam acara sesi dialog pada saat penyajian  Materi yang di Sampaikan Ketua Komisi II DPRRI Ahmad Doli Kurnia. Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi menyampaikan beberapa poin yang menjadi harapan Kabupaten Asahan kedepan dalam meningkatkan kesejahteraan petani sawit di Kabupaten Asahan.

Wabup Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar juga menyinggung revisi peraturan/regulasi mengenai dana bagi hasil (DBH) dari sektor perkebunan kelapa sawit bagi kabupaten penghasil kelapa sawit.

Wabup Asahan juga berharap kabupaten penghasil kelapa sawit dapat memungut retribusi untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)  dan Desa dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan infrastruktur.

Selanjutnya, Wabub Asahan Taufik ZA Siregar juga berharap agar dapat dibangun kembali Perkebunan Inti Rakyat (PIR) untuk kesejahteraan masyarakat dan meminta perusahaan perkebunan kelapa sawit segera menuntaskan  pembangunan kebun plasma masyarakat. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini