Polres Asahan Bongkar Penimbunan BBM Solar Bersubsidi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Polres Asahan berhasil membongkar penimbunan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar bersubsidi di gudang milik CV Maju Jaya Sejahtera yang berada di Desa Tanah Rendah, Dusun II, Kecamatan Aek Ledong pada hari Kamis 8 September 2022 lalu.

"Dari lokasi penimbunan BBM jenis Solar Subsidi. Empat orang pelaku turut diamankan, "kata Kapolres Asahan AKBP Roman Smaradhana Elhaj dalam konfrensi persnya didampingi Dandim 0208/AS, Kajari Asahan dan Kasat Reskrim Polres Asahan, Selasa (13/9/2022).

Mantan Kapolres Tapanuli Selatan itu juga mengatakan bahwa ke empat pelaku mempunyai peran masing-masing, yaitu pelaku Fayakun NS Hasibuan sebagai penyedia dana, Bagus Setiawan, Usman Pryono dan Adi Siswanto sebagai supir yang membeli solar dari SPBU dan membawanya ke gudang penimbunan.

Ia juga mengatakan bahwa para pelaku membeli BBM Solar bersubsidi dari SPBU di Kelurahan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) seharga Rp. 6.800 per liternya.

"Petugas SPBU diberikan upah atau komisi uang sebesar Rp.5 ribu setiap membeli solar dengan kendaraan yang sama, "sebutnya.

Masih kata AKBP Roman. Pembelian BBM Solar bersubsidi dilakukan para pelaku menggunakan mobil truck Colt Diesel yang sudah dimodifikasi tangki bahan bakarnya.

"BBM Solar subsidi tersebut dijual kepada along-along atau penjual minyak seharga Rp. 7.800 per liternya dan kedua unit truck Colt Diesel disewa Rp.700 ribu per bulannya oleh pelaku, "jelasnya.

AKBP Roman Smaradhana Elhaj juga menegaskan bahwa para pelaku akan dikenakan Pasal penyalahgunaan angkutan atau niaga BBM yang disubsidi pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 55 UU RI No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi sebagaimana dalam Pasal 40 UU RI No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp. 60 juta.

Dari gudang penimbunan BBM jenis Solar bersubsidi. Polres Asahan mengamankan 36 jerigen berisikan masing-masing 30 liter, 9 drum plastik biru berisi 180 liter, 1 drum plastik biru berisi 89 liter, 2 unit truck Colt Diesel BK 8157 LY dan BK 9327 YH. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini