1.271 Lulusan Unimed Diwisuda, Wisuda Titik Awal Perjuangan

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wisuda bukan menyatakan masa belajar telah berakhir tetapi titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah dimiliki selama studi di Unimed.

Demikian Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom MKes dalam pidatonya pada acara wisuda 1.271 lulusan Unimed program Doktor, Magister, Sarjana dan Diploma dilakukan secara daring di kampus Unimed Medan, Rabu (23/11/2022).

Gelar akademik dan keahlian yang telah diperoleh harus menjadi modal yang dapat memberi kesempatan lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup.

Rektor mengajak semua para wisudawan yang diwisuda agar dapat melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar tetap dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif.

Unimed saat ini memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus Universitas Negeri Medan.

Dikatakannya, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 % sudah terakreditasi A/Unggul. Kita terus dorong agar tahun depan semua Prodi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul. Selain itu, Unimed juga sekarang sedang berproses mempersiapkan peralihan status dari PTN BLU menjadi PTN-BH, agar lebih optimal dalam pengembangan mutu dan kemajuan kampus.

Dikatakan rektor, di era revolusi industri dan era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.Para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan bahasa Inggris.

Kami berharap saudara secara personal tetap memperkuat skill yang dibutuhkan di era industri berbasis digital. Agar terus mampu bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.

Kami yakin saudara mampu bersaing di dunia kerja dan dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan ke dua orang tua dan keluarga.

Saat ini pimpinan Unimed, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui penyusunan kurikulum Outcomes Based Education (OBE), dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional.

Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Melalui program MBKM, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia, dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award).

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Akreditasi program studi di lingkungan Unimed saat ini, alhamdulilah 62 % sudah terakreditasi Unggul/A. Kami berharap lulusan Unimed ke depan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja.

Rektor berpesan, jaga nama baik almamater (Unimed) yang telah membina dan membesarkan saudara.

Tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi agile learner,seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan.

Berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat;

Hadir pada wisuda itu Ketua Senat Unimed Prof Syawal Gultom , anggota senat Universitas, wakil rektor, Direktur Pascasarjana dan Dekan dengan tetap menjaga prokes dan pakai masker. (Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini