HKBP Nommensen Ressort P. Brayan Gelar Pesta Gotilon

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Gereja HKBP Nommensen Ressort Pulu Brayan menggelar Pesta Gotilon (Panen), Minggu (6/11/2022). Pesta tersebut dihadiri seribuan jemaat dan berlangsung penuh khidmat. Pdt. Partungkoan Simanjuntak, S.Th, M.Min dalam kotbahnya yang diambil dari 2 Tesalonika 2: 13-17 mengatakan, saat ini begitu banyak cobaan yang datang kepada keluarga Kristen dan cobaan itu bisa mengombangambingkan iman percaya orang Kristen kecuali kita mempunyai dasar yang kuat. 

Percaya kepada kekuasaan Tuhan yang mampu mengatasi semua cobaan itulah yang menjadi dasar kekuatan. "Kita menjadi Kristen adalah karena dipilih oleh Allah bukan secara kebetulan," ujarnya. 

Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Aku lah yang memilih kamu, firman Tuhan di Yohanes 15:16, ujarnya.

Gelaran pesta gotilon diawali dengan prosesi "Parhalado" (pengurus gereja) memasuki gedung ibadah sekolah minggu tempat pesta berlangsung. 

Tidak ketinggalan anak-anak sekolah minggu juga turut berpartisipasi dengan membawakan lagu "Yesus Sayang Pada Ku" diiringi musik pianika dan angklung yang mereka mainkan.

Usai ibadah minggu, dengan diiringi lagu puji-pujian jemaat yang terdiri dari 16 sektor kemudian secara bergantian menyerahkan persembahan "panen" mereka ke mimbar.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Gotilon, St. H. Siregar, S.Pd dalam sambutannya menjelaskan, pesta gotilon dengan thema " Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya (Mazmur 107:1) itu merupakan ungkapan rasa syukur jemaat HKBP Nommensen Ressort Pulu Brayan, atas berkat yang diberikan Tuhan selama tahun 2022. 

Pesta ini di komunitas petani di kampung orang Batak biasanya dilakukan dengan membawa hasil panen sebagai ucapan terima kasih ke gereja. Dia juga menyatakan bahwa, pesta tersebut merupakan program tahunan gereja HKBP Nommensen Ressort Pulu Brayan. 

Akhir pesta para jemaat dihibur dengan tor-tor yang dibawakan anak-anak sekolah minggu. (Moe/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini