Bupati Asahan Tekankan Setiap ASN Harus Menguasai Teknologi

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Kominfo Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi Monitoring Evaluasi Tim Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di aula Mawar kantor Bupati Asahan, Senin (13/2/2023).

Bupati Asahan melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhilli Lubis, mengatakan bahwa SPBE sangat penting sebagai akses pelayanan publik maupun admimistrasi yang menggunakan Teknologi.

"Semua pelayanan saat ini telah menggunakan teknologi dan diharapkan seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten Asahan, mampu mengusai teknologi, "katanya.

Muhilli Lubis juga menjelaskan bahwa SPBE merupakan salah satu 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan untuk mendukung suksesnya visi dan misi mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Syamsuddin, SH, MM dalam eksposnya meyampaikan tujuan dari penyelenggaraan SPBE adalah untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel serta terpercaya.

Selain itu, Syamsuddin mengatakan bahwa SPBE juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis  Elektronik serta mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia melalui bagi pakai data antar Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah.

Kata Syamsuddin, untuk meningkatkan Indeks SPBE Kabupaten Asahan di tahun 2023, beberapa langkah dapat dilakukan dengan menyusun dokumen Peta Rencana SPBE. 

“Tahun Anggaran 2023 ini Diskominfo sudah menganggarkan dan akan segera mengerjakan rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, "sebutnya.

Masih kata Syamsuddin, evaluasi SPBE dapat dilakukan dengan mengisi dan melampirkan data pendukung melalui aplikasi monev.spbe.go.id, dengan menetapkan kebijakan Audit TIK serta membentuk Tim Audit TIK serta menyediakan layanan administrasi pemerintahan terintegrasi. 

"Aplikasi SPBE telah terintegrasi untuk semua layanan pemerintahan di Pemerintah Kabupaten Asahan, "ungkapnya. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini