Penyelenggaraan Hari Pers Nasional 2023 Sukses

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Perayaan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dilaksanakan kemarin (9/2/2023). Mengusung tema “Pers Bebas Demokrasi Bermartabat” perayaan tersebut digelar di Gedung Serbaguna Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Acara puncak HPN 2023 dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Kabinet Indonesia Bersatu, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari, para kepala daerah se-Indonesia dan kedubes beberapa negara. Turut hadir General Manager Tonny Bellamy sebagai tamu undangan VIP.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa saat ini dunia pers sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Jokowi juga mengatakan bahwa isu utama dunia pers yang sebelumnya mengenai kebebasan, saat ini sudah bergeser.

“Memasuki tahun politik media massa harus tetap berpegang teguh pada idealisme, obyektif dan tidak tergelincir dalam polarisasi. Media harus mendorong agar penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan dengan jujur, adil, serta meneguhkan persatuan Indonesia. Saya meminta media massa harus tetap menjadi pilar keempat demokrasi menjelang pemilihan umum 2024.”, kata Jokowi.

Hari Pers Nasional diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia. Penetapan tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 5 tahun 1985 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Dalam perayaan puncak HPN 2023 juga diserahkan beberapa penghargaan kepada tokoh pers nasional. Salah satu penerima penghargaan tersebut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menerima Pena Emas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

“Dalam kode etik jurnalistik disampaikan wartawan Indonesia dalam menghasilkan berita harus akurat berimbang dan tidak beritikad buruk dan harus sesuai dengan hati nurani. Ini tugas pemberitaan melayani kemanusiaan dan hati nurani”, kata Edy.

Pena emas merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada seseorang atau kelompok atas jasa-jasa luar biasa yang bersangkutan kepada bangsa dan negara untuk kepentingan Pers Nasional.

PLN Hadirkan Listrik Kualitas Terbaik Dalam Gelaran Hari Pers Nasional 2023

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Tonny Bellamy menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Puncak Hari Pers Nasional 2023 dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk itu perlu dipastikan kesiapan pasokan listrik selama acara berlangsung.

“Kami pastikan keandalan pasokan listrik selama peringatan Hari Pers Nasional dalam kondisi andal dan perayaan puncak HPN 2023 berjalan sukses tanpa kedip dan dengan kualitas terbaik”, ungkap Tonny.

Tonny menambahkan untuk menyukseskan perayaan puncak HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pemprov Sumatera Utara, PLN UID Sumatera Utara telah menyiagakan petugas dan backup pasokan listrik. Petugas PLN siap siaga selama 24 jam dengan bergantian shift untuk memastikan kondisi kelistrikan aman dan handal.

Persiapan lainnya yang dilakukan PLN UID Sumatera Utara yaitu dengan mempersiapkan 1 unit trafo mobile berkapasitas 630 kVA, 1 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) berkapasitas 200 kVA dan 2 unit genset berkapasitas 100 kVA dan 350 kVA. Peralatan backup tersebut telah dilengkapi dengan Automatic Change Over Switch (ACOS). 

Tonny juga menjelaskan peringatan Hari Pers Nasional 2023 berjalan dengan lancar. Serangkaian kegiatan tersebut dimulai sejak tanggal 7 Februari 2023 di beberapa tempat. Kegiatan berjalan dengan lancar dan PLN berhasil mengawal keandalan pasokan listrik dalam agenda tahunan tersebut.

“Kami akan selalu siap untuk mengawal berjalannya peringatan agenda nasional maupun internasional yang dilaksanakan di Sumatera Utara. Saat ini pasokan listrik cukup dan kami telah hadirkan listrik yang handal dan tanpa kedip”, tutup Tonny.(Ir/MSC)




Share:
Komentar

Berita Terkini