Perayaan 133 Tahun Masuknya Injil Kepada Suku Karo

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting hadiri Perayaan 133 Tahun Masuknya Injil Kepada Suku Karo. Keguatan ini dilaksanakan di Desa Wisata Rohani Buluh Awar Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (18/04/2023) 

Penyebaran Protestan pada masyarakat Karo pertama kali pada abad ke-19. Saat itu antara tahun 1890-1906, gereja Protestan di dataran tinggi Karo hanya dua yakni di Buluh Awar dan Tanjung Beringin. Buluh Awar sendiri disebut menjadi desa yang pertama tempat berdirinya Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) yang dibangun seorang pendeta yang bernama H. C. Kruyt.

Di Buluh Awar yang kini termasuk dalam salah satu desa di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, GBKP dibangun secara swadaya oleh masyarakat setempat dengan tujuan menambah kenyamanan dalam beribadah dan penyebaran Injil. Saat itu ritual gerejawi atay kebaktian digelar dengan dipimpin Pendeta Meint Joustra.

Mengutip penelitian Ray Brema Ginting dengan judul Kristen di Dataran Tinggi Karo Tahun 1890-1906, anggota jemaat saat itu berjumlah 56 orang, dimana 25 orang di antaranya sudah bersedia untuk dibaptis.

Pada saat yang sama di dalam suasana perayaan Natal, diadakan pula kebaktian hari raya dengan bahasa Karo untuk pertama kalinya di gereja tersebut.

Selain berpredikat sebagai gereja pertama untuk suku Karo, GBKP di Buluh Awar disebut-sebut merupakan salah satu gereja pertama yang dibangun di wilayah Sumatera Utara. GBKP Buluh Awar kini sudah menjadi museum yang memiliki koleksi sejumlah foto dan biografi singkat tentang pendeta yang pernah mengabdi dan foto beberapa tokoh adat setempat.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini