Bupati Asahan Buka Pelatihan TIK Bagi Penyandang Disabilitas

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Medan menggelar Pengenalan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) bagi disabilitas di aula Kantor MUI Asahan, Senin (8/5/2023).

Pengenalan Teknologi Informasi Komunikasi tersebut dibuka oleh Bupati Asahan melalui Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Oktoni Eryanto.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Asahan Sukri mengapresiasi Pemkab Asahan dan semua pihak yang mendukung program pengenalan TIK bagi Disabilitas.

"Terima kasih untuk Pemkab Asahan dan semua pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga kami dapat memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari-hari, "katanya.

Sementara itu, Jarudo Damanik, S. Kom, mewakili Kepala BPSDMP Medan mengatakan bahwa BKPSDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memiliki program kerja utama untuk melaksanakan kegiatan Digital Talent Scholarship dan Pengenalan TIK bagi wanita, anak sekolah, dan disabilitas.

Dikatakannya, untuk saat ini, mayoritas seluruh aktivitas sehari hari dapat dilakukan melalui internet dan komputer. Karenanya dirinya berharap dalam pelatihan ini seluruh peserta penyandang disabilitas dapat memiliki kesempatan yang sama dalam pengembangan skill dan kompetensi dalam bidang digital.

“Adanya pengenalan TIK bagi disabilitas ini, dapat mendorong semangat para penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam transformasi digital dengan metode yang di lakukan bersifat humble atau mengedepankan kan pendekatan lebih dalam pada proses pembelajaran, "sebutnya.

Ditempat yang sama. Bupati Asahan Surya melalui Asisten II Ir. Oktoni Eryanto, mengatakan bahwa seiring kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara manusia dalam melakukan suatu hal berubah termasuk pada penggunaan teknologi informasi.

Masih kata Ektoni Eryanto mengatakan keterampilan penguasaan TI merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan keterampilan penyandang disabilitas dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk tujuan produktif dalam membangun industri teknologi informasi yang berkembang pesat.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan, Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, serta peserta pelatihan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini