Muslim, S.HI., MM. Menggait Pertamina Hulu Energi Dalam Menjaga Ketahanan Energi Nasional

Editor: mediaselektif.com author photo

 


MEDIASELEKTIF.COM- Anggota Komisi VI DPR RI Muslim., S.HI., M.M menggait PT. Pertamina PHE untuk menggelar kegiatan Sosialisasi Peran Pertamina Hulu Energi (PHE) Dalam Menjaga Ketahanan Energi Nasional. Kegiatan ini  digelar di Ballroom Hotel Diana Aceh dengan peserta berjumlah 200 peserta yang terdiri dari Pemuda Mahasiswa, Komunitas, Lembaga, dan Stakeholder Aceh pada Rabu (09/08/2023).


Pada kegiatan ini DPR-RI yang akrab disapa Bang Muslim sebagai narasumber memberikan pemaparan bahwa Pertamina Hulu Energi merupakan Subholding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan sebagai contributor utama untuk memproduksi migas dalam skala nasional.


 Kiprah Pertamiana Hulu Energi saat ini perlu diapresiasi karena pada tahun 2022 memberikan konstribusi untuk ketersedian energi nasional dengan persentase yang cukup besar yaitu 68% produksi minyak bumi dan 34% produksi gas alam. Persentase ini membuktikan strategi yang dijalankan sudah berhasil dengan baik untuk kestabilan energi.


“Sejak tahun 2022, Pertamina Hulu Energi (PHE) yang merupakan Subholding BUMN yang berperan sebagai kontributor migas berskala nasional telah memproduksi 68% produksi minyak nasional dan 34% produksi gas nasional”  ungkap Muslim.


Selanjutnya Bang Muslim menyampaikan bahwa Pertamina Hulu Energi telah berhasil menjalankan strateginya untuk melawan laju penurunan alamiah melalui kebijakan pengeboran sumur migas, perawatan sarana dan prasarana pendukung, dan mengeksplorasi cadangan minyak dan gas demi memenuhi kebutuhan energi nasional.


Muslim juga menyoroti bahwa strategi yang dibangun PHE menjadi strategi yang tepat serta efektif karena juga memperhatikan kebijakan dengan konsep Green Strategy Holding yang bertujuan untuk memperoleh energi dengan emisi rendah dan ramah lingkungan.


“Pertamina Hulu Energi (PHE) berkomitmen untuk mendukung Green Strategy Holding dengan melaksanakan berbagai program dekarbonisasi. Salah satunya adalah memanfaatkan sumber energi gas sebagai energi transisi yang ramah lingkungan dengan emisi rendah. Ini tampak jelas melalui proyek gas yang telah beroperasi seperti Jambaran Tiung-Biru (JTB) di Jawa Timur, serta penemuan potensi cadangan gas melalui eksplorasi pengeboran sumur di beberapa wilayah Indonesia” tambah Muslim.


Berdasarkan kebijakan yang telah diterapkan oleh Pertamina PHE untuk menjaga kebutuhan energi nasional dengan strategi yang matang. Muslim mengajak seluruh lapisan masyarakat dan para stakeholder untuk Bersama-sama memberikan dukungan. Mengingat keberhasilan Pertamina PHE yang menjalankan perannya maka perlu juga adanya apresiasi


“Sebagai anggota DPR-RI komisi VI mengapresiasi dan mendukung kebijakan yang telah dilakukan oleh Pertamina PHE. Saya juga mengajak semua lapisan masyarakat dan Stakeholder untuk memberikan apresisasi dan dukungan yang sama mengingat keberhasilan Pertamina PHE dalam memenuhi kebutuhan energi Migas di Indonesia” Tutup Muslim.


Pada akhir penyampianya ditekankan bahwa semua strategi yang dijalankan oleh PHE membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, PHE perlu mendapatkan dukungan dari berbagai aspek, termasuk pendanaan dan langkah-langkah investasi yang transparan agar kegiatan operasional dapat berjalan lancar dalam menjaga ketahan energi nasional.(AZ/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini