Unimed Tambah 19 Profesor, Ini Capaian Luar Biasa 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Negeri Medan (Unimed) mendapat sebuah kabar bahagia dikarenakan pada Senin, 25 September 2023, Unimed memperoleh 19 Guru Besar/Profesor baru.

Perolehan 19 Guru Besar ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa, membanggakan karena penambahan ini menjadi capaian bersejarah.

Pada periode Januari-September 2023 ini, jumlah Guru Besar Unimed telah bertambah 35 orang dosen, sehingga saat ini jumlah Profesor Unimed ada 102 orang dosen.

Rektor Unimed Prof Dr Baharuddin MPd mengucapkan selamat kepada dosen-dosen yang telah berhasil meraih jabatan tertinggi fungsional yaitu Guru Besar/Profesor.

“Kami pimpinan dan seluruh civitas merasa senang dan bangga atas capaian yang diperoleh para dosen kita. Pengangkatan guru besar adalah pencapaian yang penting dalam dunia pendidikan tinggi dan menunjukkan komitmen Unimed terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan,” ujar Rektor.

“Prestasi ini merupakan sesuatu yang patut diapresiasi. Pengangkatan guru besar biasanya memerlukan penilaian ketat dan evaluasi terhadap kualifikasi, pengalaman, serta kontribusi akademik dari calon guru besar. Dengan banyaknya dosen yang telah berhasil menjadi guru besar menunjukkan bahwa Unimed memiliki tim akademik yang berkualitas tinggi dan berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian ,” ungkap Prof Baharuddin.

Dikatakan, dengan adanya 19 guru besar, Unimed memiliki potensi untuk mengembangkan lebih banyak program akademik dan penelitian yang berkualitas tinggi dan pertambahan guru besar ini dapat mempercepat menjadi PTN BH dan World Class University.

Ketua Senat Unimed Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat atas perolehan jabatan Profesor yang diraih oleh 19 dosen Unimed dalam kurun Juni-Agustus 2023.

Pada kurun waktu Januari-September 2023, Unimed telah bertambah 35 orang dosen yang berhasil meraih Guru Besar.

“Perolehan 19 Guru Besar ini merupakan terbanyak di tahun 2023 ini dan sesuatu yang membanggakan bagi sivitas akademika. Hal Ini menunjukkan bahwa universitas memiliki fakultas, jurusan dan program studi yang produktif dan berkualitas tinggi dalam hal penelitian dan kontribusi akademik. Guru besar adalah posisi akademik tertinggi di perguruan tinggi dan seringkali mereka diharapkan untuk menjadi pemimpin dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan. 

Prestasi ini merupakan investasi Unimed dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul di bidang akademik. Selain itu, ini dapat meningkatkan reputasi Unimed di tingkat nasional dan internasional. 

Dengan memiliki 19 guru besar, Unimed mungkin memiliki berbagai bidang penelitian dan keahlian yang luas, yang dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya. 

Semoga penghargaan ini memacu lebih banyak prestasi akademik di masa depan dan memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan penelitian,” ujar Prof Syawal yang merupakan salah satu guru besar dan tokoh pendidikan Indonesia.

Adapun 19 Guru Besar/Profesor UNIMED yang menerima SK dari Mendikbudristek pada 25 September 2023 adalah Prof Dr Nur’aini MS dalam bidang Ilmu Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Prof Dr Masdiana Sinambela MS dalam bidang Ilmu Biologi Ekologi, Prof Dr Rahma Dewi MPd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga.

Prof Dr Muhammad Yusuf SSi MSi dalam bidang Ilmu Kimia Anorganik, Prof Dr Indra Kasih SPd MOr dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof Dr Budi Valianto MPd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof Dr Erli Mutiara MSi dalam bidang Ilmu Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga.

Prof Dr Sabaruddin Yunis Bangun SSi MPd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof Dr Phil Ichwan Azhari MS dalam bidang Ilmu Sejarah, Prof Dr Farihah MPd dalam bidang Ilmu Teknologi Pendidikan, Prof Dr Drs Albadi Sinulingga MPd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga.

Prof Dr Drs Eka Daryanto MT dalam bidang Ilmu Manajemen Pendidikan, Prof Dr Ardi Nusri MKes dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof Dr Thamrin MSi dalam bidang Ilmu Teknologi Pendidikan, Prof Dr Suprayitno SPd MPd dalam bidang Ilmu Pendidikan Olahraga, Prof Dr Sampitmo Habeahan STh MTh dalam bidang Ilmu Teologi.

Prof Dr Ir Putri Lynna A Luthan MSc dalam bidang Imu Manajemen Kontruksi, Prof Dr Marice MHum dalam bidang Ilmu Linguistik, dan Prof Dr Ashar Hasairin MSi dalam bidang Ilmu Struktur dan Perkembangan Tumbuhan.(Ir/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini