Kapolda Sumut Review 2023 & Outlook 2024

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Kapolda Sumut Mengadakan Review dan Outlook, bersama dengan ratusan insan Pers unit Polda Sumut diadakan di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jum'at (29/12/2023) dipimpin langsung Kapolda Sumut Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, dalam rangka refleksi akhir tahun.

 Review 2023 dan Outlook 2024, Bersandar Kepada Polri Dalam Perlindungan, Pelayanan Dan Penegakan Hukum.

Dalam cara tersebut yang dihadiri Kasdam I/BB, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani M.AP, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, Ketua FKUB Dr Abdul Rahim, Ketua Bawaslu Sumut M. Aswin Diapari Lubis, Ketua Ombudsman Sumut James Marihot Panggabean, Kompolnas Benni Mamoto, Komnas Perlindungan Anak Sumut, PPAI Sumut,KPU ,Budayawan ,Ormas PWNU Muhammadiyah Walubi dan lain lain, berlangsung meriah.

Menurut Kapoldasu pencapaian yang dilakukan oleh Polda Sumut dalam (6) enam bulan sejak menjabat adalah potret Gangguan Kamtibmas yang semakin menurun hingga sekitar 22,37 persen dan ekonomi semakin tumbuh meningkat, saat ini nilai export sumut lebih tinggi dibanding import.

Dijelaskan Agung Setya, pada tahun 2023 sebanyak 70,6 persen atau 32.074 kejadian tindak pidana berhasil diselesaikan oleh kepolisian, pelaku kejahatan yang berhasil ditahan ada sebanyak 11.251 orang, sedangkan yang mengalami tindak kejahatan, sebanyak 50.835 orang atau hanya 0,03 persen, ungkapnya.

Tentang kejahatan terkait Narkoba, Kapoldasu mengatakan akan menangani pelaku penyalahgunaan narkoba dengan cara menangkap bandar dan pengedar serta menyiapkan tempat rehabilitasi untuk para pengguna Narkoba.

Dalam hal Potret pelayanan Kapolda Sumut mengatakan terkait administrasi, penegakan hukum, dan aduan masyarakat, telah banyak kasus yang diselesaikan selain Restorasi Justic dan kasus prioritas lainnya.

Sedangkan dalam hal tahun politik 2024 yang akan datang yaitu Pileg, Pilpres dan Pilkada menurut Kapoldasu, akan menjadikan pemilu damai dengan tidak terlibat dengan politik praktis dan Polri yang netral.

“Ketika ada kegiatan di daerah Nias, saya menyampaikan kepada panitia untuk memindahkan gambar salah satu parpol, sehingga kegiatan tersebut tidak dijadikan sebagai isu “Kata Kapoldasu.

Dalam menyiapkan Danau Toba sebagai destinasi utama pariwisata, Poldasu telah menyiapkan polisi pariwisata, untuk menjaga keamanan, Kepolisian akan meningkatkan fungsi deteksi 60 persen dan fungsi Intelijen dan Binmas, akan lebih diaktifkan lagi, Ujar Kapoldasu.

Sedangkan untuk Tahun 2024 yang akan datang, ada (5 ) Lima prioritas Kapoldasu, Yaitu : Pengamanan area publik yang aman dan nyaman, Narkotik musuh bersama, Tim percepatan penanganan Program prioritas pemerintah – Penguatan sistem pembinaan internal Polda Sumut – Pemilu damai.

Menurut Kapoldasu, pemberantasan narkoba harus dilaksanakan secara terus menerus dan akan menjadi kegiatan rutin kepolisan, bukan dengan kegiatan operasi, dan dalam kegiatan tersebut nantinya akan melibatkan BNN , pemerintah, dan lainnya.

Menurut Kapoldasu, saat ini memantau narkoba sudah memakai teknologi dan akan terus ditingkatkan.

Sedangkan kasus pembunuhan merupakan prioritas salah satu prioritas Kapolda Sumut, seperti pembunuhan yang terjadi di Sunggal pada 25 Desember 2023 yang Lalu, ungkap Kapoldasu.

Pengungkapan kejahatan jalanan, kejahatan 3C, serta kejahatan lainnya menurun 90 persen lebih dan semua pelaku kejahatan 3 C umumnya adalah para pengguna narkoba.Upaya pencegahan yg utama adalah pencegahan dan dikelola dengan langkah yang konkrit dan akan mengusahan polisi ada dimana mana, dengan melakukan patroli perintis dan URC serta patroli presisi , uajar Kapoldasu.

“Kepolisian bukan dalam konteks menunggu, tapi harus ada berkomunikasi ,seperti Jum'at curhat, kunjungan kepada tokoh agama adat,untuk menjaga kondusifitas.Percayalah kepada kami biar kami menjaga  agar tetap aman," jelas Kapoldasu.(BR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini