Bawaslu Sumut Gelar Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Ketua Bawaslu Sumut M. Aswin Diapari Lubis membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024 di D’Prima Hotel Kualanamu pada Jumat, (22/12/2023).

“Kegiatan ini memiliki manfaat yang besar bagi Pengawasan Logistik di Bawaslu Kabupaten/Kota masing-masing,” katanya.

Mengingat kotak surat suara yang terbuat dari bahan yang rentan terhadap air dan mudah basah oleh karena itu, harus kita awasi dan cegah jangan sampai basah karena dapat merusak surat suara yang ada didalamnya dan pastikan juga jangan sampai ada surat suara yang sudah dicoblos sebelum waktunya.” Tegas Aswin.

Sehubungan dengan hal tersebut Anggota Bawaslu Sumut Romson Poskoro Purba mengatakan, “Kegiatan Rakor Pengawasan Logistik hari ini sangat berpengaruh terhadap maju tidaknya perkembangan Logistik yang ada di Kabupaten/Kota”.

Karena di beberapa daerah itu sudah sampai pada proses SORLIP (Sortir dan Lipat) surat suara, jadi diharapkan teman-teman di Bawaslu Kabupaten/Kota untuk terus melakukan pengawasan melekat di Kabupaten/Kota masing-masing, ucap Koordinator Divisi Sumberdaya Manusia dan Organisasi tersebut.

Johan Alamsyah juga menegaskan, “Dalam pengawasan Logistik ini tentu merupakan suatu pengawasan yang sangat vital yang harus kita lakukan, karena logistik merupakan perlengkapan yang akan digunakan pada waktu pemungutan suara. Oleh karena itu, agar kita semua dapat melaksanakan tugas pengawasan dengan sebaik-baiknya”.

“Kita berharap dalam menghadapi pemilu ini bisa memastikan bahwa 2 (dua) hari sebelum hari Pemungutan suara seluruh perlengkapan pemungutan suara sudah sampai di KPPS. Oleh karena itu, koordinasi antara Bawaslu Kabupaten/kota, Panwascam, Pengawas Kelurahan Desa, Pengawas di TPS dengan provinsi Itu menjadi sangat Signifikan dalam memastikan ketepatan waktu pelaksanaan pendistribusian logistik dalam Pemungutan suara. ” Lanjut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran tersebut.

Adapun Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat juga menambahkan, “Dari sekian banyak Indikator suksesnya pemilu salah satunya adalah dukungan ketersedian dan ketepatan seluruh Logistik yang dibutuhkan berbicara Logistik banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan di identifikasi sebagai kerawanan-kerawanan logistik yang ada.

Oleh karena itu, mari kita melakukan pemetaan kerawanan logistik sejak dini dan berkordinasi dengan seluruh stakeholder termasuk Badan Pemerintah Penanggulangan Bencana Daerah dan mengupayakan pencegahan keterlambatan agar KPU dapat melakukan percepatan Proses SORLIP (Sortir Lipat) dan pengepakan seluruh perlengkapan alat pemungutan suara.”

Sebagai penutup Joko Arief Budiono Anggota Bawaslu Sumut Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa mengatakan, “Pastikan bahwa seluruh Logistik itu ada dan logistik sampai tepat waktu, dan jangan lupa buat peta analisis waktu yang tepat antara pendistribusian logistik tersebut”.(Bos/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini