Petani Wortel Karo Diimbau Gunakan Bibit Produksi Lokal

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang melakukan kunjungan ke ladang wortel yang di Desa Rumah Kabanjahe Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (20/04/24). Tanaman pangan wartel merupakan salah satu komoditi unggulan sektor pertanian Kabupaten Karo.

Bupati karo bersama dengan Kadis Pertanian Kabupaten Karo Ir. Metehsa Karo- Karo dan Kadis Kominfo Karo, Frans Leonardo Surbakti, S.STP, melakukan peninjauan langsung ladang wartel milik Musa Purba. Bupati Karo melihat kondisi tanaman wartel Musa Purba, petani yang menggunakan bibit wortel dari luar Kabupaten Karo. Adapun alasan Musa Purba menggunakan bibit dari luar Kabupaten Karo karena sulitnya menemukan bibit lokal pada saat ia ingin menanam wartel. 

Bupati Karo mengimbau petani wortel untuk membuat bibit wortel sendiri atau dari pembibitan lokal. Tidak terpengaruh bibit luar daerah yang harganya murah, namun tidak jelas kualitasnya agar petani tidak mengalami kerugian atau gagal panen nantinya. 

“Petani harus memilih bibit wortel yang jelas asal usulnya, dan jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan tidak terpengaruh dengan kelangkaan bibit lokal. Agar nantinya petani wortel bisa mendapat keuntungan yang lebih besar,”ujar Cory S Sebayang.

"Kabupaten Karo memiliki bibit wortel varietas Gundaling yang sudah tersertifikasi dengan hasil produksi yang memiliki banyak keunggulan, mulai dari warna sampai dengan ukuran wortel ketika dipanen," tutupnya.(SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini