Pasar Tarutung Disidak Tim Satgas Pangan

Editor: mediaselektif.com author photo


MEDIASELEKTIF.COM - Satuan tugas pangan Tapanuli Utara menggelar inspeksi mendadak atas sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar Tarutung, Sabtu (13/10/2018).

Tim Satgas pangan Pemkab Taput yang bekerjasama dengan institusi kepolisian dan TNI melakukan cek harga atas sejumlah kebutuhan pokok, serta menemukan sejumlah bahan pangan kedaluarsa dan tidak layak komsumsi.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok, menetralisir kestabilan harga, serta menjamin kehigienisan makanan yang dijajakan di pasar," terang Kepala bagian perekonomian Pemkab Taput, “Fajar Gultom.

Dalam sidak kali ini, tim satgas menemukan sejumlah bahan makanan kedaluarsa, serta sejumlah makanan ringan jenis kue basah tanpa cantuman tanggal kedaluarsa.

Bahan makanan yang disimpulkan kedaluarsa adalah jenis mie dalam kemasan dengan tanggal kedaluarsa yang sudah lama berlalu.

"Bahan makanan tersebut sudah tidak boleh dijual lagi. Demikian halnya, kue basah yang ditemukan tanpa cantuman tanggal kedaluarsa tidak boleh dijual," tegas tim satgas pangan.

Untuk menghindarkan kerugian material pedagang, ke depan, para pedagang diminta untuk tidak menerima barang-barang jualannya yang tanpa label dan tanggal kedaluarsa.

Hasil penyisiran pedagang pasar yang dilakukan tim satgas pangan menyimpulkan bila harga bahan pangan masih dalam keadaan normatif dengan tidak ditemukannya gejolak harga yang mampu memberatkan masyarakat konsumen.

"Harga bahan makanan pokok masih stabil," ungkap Kapolres Taput, AKBP Horas Marasi Silaen, yang turut dalam kegiatan sidak dimaksud.

Tim satgas pangan Taput mengagendakan pelaksanaan sidak akan digelar secara berkala dengan obyek sasaran yakni pasar dan minimarket, yang dijadwalkan sekali dalam tiga bulan.(IBN/MS)
Share:
Komentar

Berita Terkini