USU Lockdown 14 Hari ke Depan

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Universitas Sumatera Utara (USU) kembali meningkatkan pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) dengan itu menutup keseluruhan atau lockdown dari aktivitas di kampus selama 14 hari ke depan dimulai Selasa (24/3/2020) hingga 7 April 2020.

Hanya layanan Rumah Sakit USU yang tetap buka untuk umum.

Demikian Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum kepada wartawan, Senin (24/3/2020) malam.

Hal ini berdasarkan  hasil dari online meeting yang digelar pihak USU dipimpin langsung Rektor USU Prof Runtung Sitepu yang kemudian mengeluarkan surat edaran Nomor 3545/UN5.1.R/KPM/2020 didalamnya ada beberapa poin yang harus dilakukan seluruh civitas akademik USU.

"Memperhatikan penularan COVlD-l9 yang terus semakin meluas dan mengkhawatirkan, maka dalam upaya mencegah semakin meluasnya penularan COVlD-l9, dan sejalan dengan himbauan Pemerintah untuk tidak keluar rumah (social distancing). Makanya, Kampus USU ditutup secara penuh (lockdown)," papar Rektor.

Ia mengungkapkan ‎semua kegiatan dan pelaksanaan tugas-tugas administrasi dikerjakan dari rumah masing-masing atau bekerja dari rumah.

"Petunjuk lebih lanjut dapat menghubungi dan berkoordinasi dengan pimpinan USU, pimpinan fakultas, atau pimpinan unit kerja masing-masing," ungkapnya.

Dikatakannya sesuai dalam surat edaran tersebut, ‎pimpinan, staf dan pegawai Rumah Sakit USU tetap bekerja sebagaimana biasanya.

Demikian juga Satuan Pengamanan (Satpam) tetap bekerja seperti biasa untuk menjaga keamanan di lingkungan kampus USU, sesuai dengan lokasi tugasnya masing-masing dengan tetap menerapkan langkah langkah pencegahan penularan Covid-l9 dengan baik.

"Selama masa lockdown, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, poliklinik, fasilitas olah raga, gedung-gedung pertemuan, kantor unit kegiatan mahasiswa dan fasilitas umum lainnya di lingkungan Kampus USU ditutup," tuturnya.

Begitu juga, ‎petugas kebersihan yang outdoor, Pusat Sistem Infomasi dan Biro Keuangan tetap dibuka dengan dengan mengatur sistem kerja secara baik.

Selanjutnya Rektor mengatakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan akademik intinya tetap dilaksanakan secara daring (online) melalui platform E-Learning USU dan Pelaksanaan bimbingan Tugas Akhir dapat dilaksanakan secara daring (online).

Selama USU dalam masa lockdown, pihak kampus USU meminta seluruh Dosen, Mahasiswa, dan Tenaga Kependidikan menghindari aktivitas di luar rumah (social distancing). Bila sangat diperlukan, agar menerapkan tindak kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi covid-19 dengan sebaik mungkin.

"Rektor USU melakukan diskusi terhadap Peraturan Kepegawaian mengenai kehadiran kerja dan Peraturan Akademik mengenai kehadiran kuliah (secara online)," tuturnya.(Irn/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini