Gunung Sinabung Erupsi Kembali

Editor: mediaselektif.com author photo
MEDIASELEKTIF.COM - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara kembali mengalami erupsi pada Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB dengan ketinggian tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter dari atas puncak. Abu Vulkanik mengarah ke Timur Tenggara.

Armen Putra Kepala Pos Pemantau  Gunung berapi Sinabung Kementrian ESDM Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Desa Ndukum Siroga Kecamatan Simpang Empat kab.Karo membenarkan telah terjadi erupsi pada Sabtu dini hari sekitar pukul 01.58 WIB drngan erupsi freatik Gunung Sinabung dengan tinggi kolom erupsi sekitar 2000 meter di atas puncak. Abu vulkanik berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang hingga tebal. Tidak ada luncuran awan panas maupun erupsi susulan dan setelahnya.gunung api terlihat jelas hingga tertutup kabut," jelasnya.

"Kolom erupsi ini condong ke arah timur. Abu vulkanik mengarah ke Timur Tenggara. Desa terparah terpapar abu vulkanik Desa Naman, Gung Pinto, Deskati, Sukandebi Kecamatan Naman Teran kabupaten Karo. Masyarakat agar tidak panik,  tetap waspada dan memakai masker saat beraktifitas di luar rumah," anjuran Armen kepada masyarakat di Desa Naman yang terpapar abu vulkanik cukup parah.

"Kegempaan yang terekam selama periode 1 Juli- 7 Agustus 2020 didominasi oleh gempa hembusan, tektonik lokal, dan tektonik jauh. Status Gunung Sinabung tetap pada Level III (Siaga) sejak 20 Mei 2019 sampai dlsaat ini. Masyarakat dan pengunjung kembali di himbau untuk tidak memasuki kawasan bahaya atau zona merah karena Gunung Sinabung masih berpotensi kembali terjadi Erupsi, awan panas maupun lahar dingin di jalur laharan dan sungai lau borus," tutupnya.(SKR/MSC)
Share:
Komentar

Berita Terkini