Ilyas Sitorus: Bupati Batu Bara Zahir,  Saya Pastikan Dukung Kesejahteran Guru dan Warganya Termasuk Kearifan Lokal

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten Batu Bara tetap mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan, termasuk kesejahteraan tenaga pendidik dan Kependidikan ASN maupun Non ASN/Honorer. Termasuk juga menjaga kearifan lokal yang ada di Kabupaten Batu Bara ini, dan ini saya pastikan di dukung oleh Pemkab Batubara di bawah kepemimpinan Bupati Batu Bara Bapak Ir. H. Zahir M. AP., 

Hal tersebut dikatakan Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus saat dihubungi awak media melalui sambungan Telepon Selulernya, Senin Petang (28/9/2020).

Menurut Kadisdik Batubara, Pemkab selama ini terus  berupaya mendukung kesejahteraan Guru ASN maupun Non PNS/Honorer, namun dalam pelaksanaannya, gaji honorer tetap memperhatikan kemampuan anggaran kita ( sekolah, Disdik maupun Pemda).

Saat di singgung harapan dari perwakilan Mahasiswa yang melakukan orasinya, Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus sangat sependapat tentang kenaikan gaji guru honorer. Jangankan saya, Pemkab Batu Bara juga berkeinginan demikian sebagaimana Visinya “Menjadikan Masyarakat Kabupaten Batu Bara, masyarakat industri yang sejahtera, mandiri dan berbudaya”. Saya pastikan Bupati, Pak Zahir  bahwa Pemerintah Kabupaten Batu Bara pada prinsipnya tentu dan pasti mendukung.

“Namun besaran gaji guru honorer kita saat ini masih tergantung dari kemampuan masing-masing sekolah kita, termasuk kemampuan APBD kita juga. Saat ini ini keterbatasan anggaran yang kita miliki baik di sekolah, dinas maupun secara keseluruhan di APBD Kabupaten Batu Bara itu sangat-sangat terbatas karena banyak hal yang harus kita penuhi secara bersamaan, ” Papar Mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Pemprovsu ini.

Terkait adanya permintaan copot mencopot jabatan, Ilyas mengatakan kesemua itu sudah ada yang mengurusnya. Itu urusan pimpinan dalam hal ini Bupati, Pak Zahir. Saya tidak bisa koment. 

Saya tau nya kerja dan kerja jika selagi masih diberi amanah dan kepercayaan. Dan ingat, dengar baik-baik yang saya bilang ini, "satu orang aja apalagi tiga orang yang tidak mendukung program saya di Disdik, bagi saya sudah cukup banyak itu. Walaupun ada seribuan orang yang mendukung", Sebut Ilyas melalui teleponnya.

Oleh karenanya, Ilyas Sitorus berharap dukungan dari semua elemen termasuk perwakilan mahasiswa yang sudah menyampaikan koreksinya. Tolong jangan hanya mengkoreksi, tetapi bantu kami, bantu Disdik, bantu Pemkab Batu Bara.

Masih menurutnya dalam menyelesaikan atau mengurangi yang menurut perwakilan mahasiswa ada permasalahan dalam dunia pendidikan, salah satunya perobahan warna gedung, kearifan lokal, Kesejahteraan kawan-kawan Guru Honor dan lainnya, itu semua tidak benar, terang Ncekli Safaan Akrab Kadisdik Batu Bara ini.

Bupati sangat konsen terhadap hal itu, pendidikan menjadi prioritas yang perlu mendapat sentuhan alokasi anggaran selain OPD lainnya, kata Mantan Pejabat dibeberapa Dinas dan Biro di Pemprovsu ini. Lanjut Ilyas bahwa Bupati saya yakinkan akan mendukung semua harapan tersebut dan sudah jadi bahan-bahan masukan dalam rapat-rapat koordinasi pimpinan tingkat Pemerintahan kita ini, jelas Ilyas.

Soal koreksi dan koreksi, sekali lagi saya pribadi dan Disdik umumnya tidak anti koreksi, silakan koreksi dan ingatkankan kami, tetapi tolong bantu dan beri juga solusinya apa,  jangan hanya menyalahkan dan menyalahkan terus, ungkap Ilyas via telphone serulernya.

“Karena kami tidak akan bisa berjalan sendiri, pasti lah kami membutuhkan dan tentunya dukungan juga dari berbagai pihak, termasuk dari kalangan mahasiswa yang sangat terpelajar, lanjut Ilyas.

Masih menurut Kadis yang selalu akrab bersama awak media ini,  Mahasiswa adalah pelajar perguruan tinggi yang merupakan insan-insan calon sarjana, calon intelektual.  Mahasiswa merupakan suatu kelompok dalam masyarakat yang memperoleh statusnya karena ikatan dengan perguruan tinggi. 

Mahasiswa juga merupakan calon intelektual atau cendekiawan muda dalam suatu lapisan masyarakat yang sering kali syarat dengan berbagai predikat, papar Mahasiswa Program Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unimed ini.

Masih menurut Kadis yang mudah senyum ini, dengan demikian peran dan fungsi mahasiswa adalah Sebagai Iron Stock, Mahasiswa itu harus bisa menjadi pengganti orang-orang yang memimpin di pemerintahan nantinya, yang berarti mahasiswa akan menjadi generasi penerus untuk memimpin bangsa ini, disamping itu juga sebagai Agent Of Change, dituntut untuk menjadi agen perubahan, jadi bukan hanya mengkoreksi tetapi mampu memberi solusinya, sebut Ilyas.

Ilyas juga mengharapkan bahwa mahasiswa  juga harus mampu sebagai Social Control.  Jadi selain pintar di bidang akademis, mahasiswa harus pintar juga dalam bersosialisasi dengan lingkungan termasuk Moral Force,  tegas Mantan Pejabat diberbagai Dinas dan Biro dilingkungan Pemerintah Sumatera Utara ini.

Terkait dengan pergantian warna gedung sekolah, Kadisdik yang mudah akrab dengan semua orang ini, menjelaskan bahwa menurutnya tidak ada regulasi yang dilanggarnya,  Dan mengapa hanya disdik yang saya pimpin diributin, bukannya gedung DPRD, Gedung kantor Bapati dan Gedung Dinas/OPD yang lebih dulu menukar warna bukannya sekolah ? Lantas kenapa yang dimasalahkan sekolah yang saya pimpin. 

Kalau mereka (pengunjuk rasa) mengatakan dalam orasinya Kadisdik diduga memanfaatkan dan menyalah gunakan kewenangan  untuk keperluan pribadi, maka saya juga boleh lah mengatakan bahwa patut saya duga aksi-aksi tersebut ada keperluan dan kepentingan serta dorongan dalam memanfaatkan  situasi, uangkapnya dan mengakhiri pembicaraannya melalui Telepon Serulernya.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini