-->

Cory Sebayang & Theo Ginting Unggul di Kabupaten Karo

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengumumkan  Pasangan Nomor Urut Lima Cory S Sebayang dan Theo Ginting Unggul pada Pilkada Bupati/ Wakil Bupati Karo tahun 2020. 

Penetapan ini disampaikan Ketua KPU Kab.Karo pada Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada serentak di Kab.Karo, Senin sampai selasa (14-15/12/2020) di Aula Hotel Sinabung Berastagi, Kabupaten Karo.

Rapat Pleno Perhitungan Suara dihadiri Ketua Bawaslu Kab.Karo Eva Juliani Br Pandia, SH, Pemkab.Karo diwakili oleh Kepala Kesbangpol Linmas Karo Tetap Ginting, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono, SIK, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto, Kejari Karo diwakili oleh D. Sirait, Bawaslu, PPK, Panwas se-kabupaten Karo. Para Saksi yang hadir masing masing Paslon nomor urut 1, 3, 4, dan 5 (tanpa di hadiri saksi paslon no.2)

Pelaksanaan berjalan aman dan lancar dengan standar protokol kesehatan Covid-19 dengan peserta yang dibatasi serta pengamanan yang ketat dari Polres Tanah Karo, Kodim 0205/ TK dan Brimobdasu. 

Perhitungan Suara dari sejumlah PPK berlangsung alot dengan interupsi dari para saksi paslon nomor urut 1 dan 2. Selasa dini hari (15/12/2020) sekira pukul 01.00 WIB, akhirnya Ketua KPUD Kab.Karo Gemar Tarigan mengumumkan hasil Rapat Pleno bahwa dari DPT 277.577,  jumlah surat suara yang diterima ditambah surat suara cadangan 285.212., surat suara yang dikembalikan karena rusak sebanyak 108 dan surat suara yang tidak digunakan sebanyak 94.389. Jumlah surat suara yang digunakan 190.715 dengan surat suara yang sah 187.237 dan suara tidak sah 3.478.

“Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, paslon yang meraih suara terbanyak adalah Paslon nomor urut 5, yakni Calon Bupati Cory Sriwaty Sebayang dan wakil Bupati Karo Theopilus Ginting,” kata Gemar Tarigan.

Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Kab.Karo adalah

Paslon Nomor urut 1 Jusua Ginting/Saberina Tarigan, memperoleh 52.019 suara.

Paslon Nomor urut 2, Cuaca Bangun/Agen Purba, 21.349 suara.

Paslon Nomor urut 3, Iwan Depari/Budianto Surbakti, 51.103 suara.

Paslon Nomor urut 4, Yus Felesky Surbakti/Paulus Sitepu, 3.158 suara.

Dan yang unggul Paslon Nomor Urut 5, Cory Sriwaty Sebayang/Theopilus Ginting, dengan 59.608 suara.

Paslon Cory S Sebayang Dan Theo Ginting yang diusung partai Gerindra dan Perindo ini unggul di 9 Kecamatan dari 17 kecamatan di Kabupaten Karo. Namun hasil perhitungan suara ini di tolak para saksi paslon nomor urut 1 dan 3 dan tidak bersedia menandatangani Hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara yang di umumkan Ketua KPUD Kab.Karo.

Gemar Tarigan menjelaskan, "Rapat Pleno berjalan aman dan lancar. Terkait penolakan tim paslon 1 dan 3 merupakan dinamika demokrasi, dalam waktu 3 x 24 jam Paslon yang keberatan dapat melakukan gugatan sampai ke Mahkamah Konstituai (MK)". (SKR/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini