Bupati Asahan Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2022

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di aula Melati kantor Bupati Asahan, Selasa, (30/3/2021)

Musrembang RKPD tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Utara diwakili  Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara Fitriyus dan unsur forkopimda Asahan.

Pada kesempatan ini Gubernur Sumatera Utara melalui Asisten Administrasi Umum Setda Provsu, Fitriyus mengatakan tema RKPD Provsu tahun 2022 yakni, percepatan pemulihan ekonomi dan kehidupan bermasyarakat.

Fitriyus juga mengatakan dengan prioritas pembangunan diarahkan pada peningkatan kesempatan kerja, berusaha, peningkatan akses dan mutu pendidikan sert konektivitas antar pusat pertumbuhan wilayah dan pusat produktivitas.

Selain perioritas pembangunan. Fitriyus juga menjelasakan peningkatan sarana dan prasarana layanan kesehatan sangat diperlukan dan peningkatan nilai tambah sektor agraris, peningkatan nilai tambah sektor parawisata, peningkatan pelayanan sosial kemasyarakatan dan olahraga, regoemasi birokrasi, tata kelola pemerintahan dan layanan publik juga merupakan perioritas utama.

Ia juga menjelaskan Pemerintah Provsu menetapkan target sasaran makro pembangunan Provsu di tahun 2022 adalah sebagai berikut : pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,20 persen, penurunan angka pengangguran terbuka menjadi 6,72 persen, penurunan angka kemiskinan menjadi 8,40 persen, IPM meningkat menjadi 72,57, Gini Rasio menjadi 0,311, Laju Inflasi Kisaran 3,00, PDRB perkapita sebesar 39,18 juta dan nilai tukar petani 114,7.

Masih kata Fitriyus, berdasarkan prioritas pembangunan Provsu tahun 2022 upaya pencapaian target pembangunan ekonomi maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat harus dilaksanakan.

"Kami meminta agar pemerintah kabupaten/kota mempedomi dan menselaraskan program kegiatan serta sub kegiatan pembangunan kabupaten/kota dengan program kegiatan dan sub kegiatan pembangunan nasional selaras dengan Pemprov, "katanya.

Sementara itu Bupati Asahan, Surya mengatakan pelaksanaan Musrenbang RKPD Asahan tahun 2022 untuk membahas Rancangan RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2022 guna penyempurnaan rancangan awal RKPD berdasarkan renja Perangkat Daerah dan hasil penelaahan terhadap RKPD Provinsi, RKP dan program strategis nasional.

"Percepatan pemulihan ekonomi melalui peningkatan SDM dan infrastruktur publik menuju Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter menjadi sasaran utama Pemkab Asahan, "sebutnya. 

Bupati Asahan juga menyampaikan bahwa vaksinisasi telah dilakukan sudah mencapai 5.720 orang, namun pemulihan ekonomi membutuhkan proses. Untuk itu, Pemkab Asahan berharap dengan infrastruktur yang semakin baik masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ekonomi dengan lancar.

Ia juga menyampaikan 10 program prioritas yang telah disusun pada saat kampanye pilkada 9 Desember 2020 dan akan menjadi acuan di dalam melaksanakan roda pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan yaitu, digitalisasi birokrasi, sumber daya manusia tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang covid 19.

"Saya berharap seluruh OPD dapat melaksanakan 10 program Pemkab Asahan yang merupakan janji politik Surya - Taufik dimasa kampanye, "ujar Bupati Asahan Surya menegaskan. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini