-->

Meski UN Ditiadakan, Sekolah Persiapkan UAS

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Meski Ujian Nasional (UN) sudah ditiadakan mulai tahun ini, untuk siswa kelas XII pihak sekolah tetap melaksanakan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.

Ujian untuk siswa kelas XII ini dengan berbagai bentuk penawaran mulai portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan dan sebagainya).

Ada juga dengan bentuk penugasan, test luring atau daring dan bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan satuan pendidikan.

Di SMAN 7 Medan UAS Kelas XII akan dilaksanakan mulai 29 Maret hingga 10 April 2021 dengan rincian ujian utama mulai 29 Maret hingga 5 April 2021.  Sedangkan pada 6-10 April merupakan ujian perbaikan atau susulan siswa.

Demikian Kepala Sekolah SMAN 7 Medan Drs H Masri Lubis MSi melalui Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Drs Gokman Sianturi MSi ketika dihubungi, Jumat (12/3/2021).

Dikatakannya, sebelumnya sekolahnya yakni untuk kelas X dan XI baru melaksanakan ujian tengah semester (UTS) sedangkan kelas XII melaksanakan ujian semester genap.

"Keseluruhan ujian baru selesai, Rabu (10/3/2021) yang dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan ada juga yang luar jaringan (luring). Ujian ini awalnya dilaksanakan sejak Kamis (4/3) lalu," ujarnya sembari menyampaikan setelah ujian ini baru pada 29 Maret sampai 10 April melaksanakan UAS untuk siswa kelas XII.

Untuk pelaksanaan UAS ini dilaksanakan secara bertahap di mana soal ujian akan dibuat satuan pendidikan sendiri atau sekolah bersangkutan. Soal ujian ini, ungkapnya akan dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di sekolah terkait sesuai yang dijadwalkan dinas pendidikan terkait.

Menurutnya, UAS ini nilainya untuk pengisian ijazah siswa, sebab UN tahun ini sudah ditiadakan.

Terkait rencana pembelajaran tatap muka, berdasarkan info dari Kemendikbud pembelajaran tatap muka akan di pada Juli 2021 atau pada tahun ajaran baru 2021/2022.

Sehubungan dengan itu pihak sekolah melaksanakan serangkaian persiapan di antaranya persiapan seluruh guru akan menjalani  vaksin Covid-19.

Menurutnya, saat ini sedang dilaksanakan pendataan guru dan penyakit penyerta guru. "Rencananya untuk para guru sekolah se-Kota Medan dan sekitarnya akan mulai divaksin pada akhir Maret ini. Semua guru wajib menjalani vaksin," ungkapnya sembari menyampaikan di sekolahnya tinggal segelintir guru yang belum mengisi data dan berkas permohonan vaksin di mana datanya harus diisi langsung guru yang bersangkutan serta langsung ditandatangani.

"Rencananya 76 guru tetap dan honorer akan divaksin sebagai persiapan pembelajaran tatap muka," tukasnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan sejak Januari 2021,  SMAN 7 Medan sebenarnya sudah siap jika dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Pihak sekolah sudah mempersiapkan seluruh perangkat dan infrastruktur penunjang jika sewaktu-waktu waktu pemerintah sudah memperbolehkan dilaksanakan pembelajaran tatap muka.

Kami sudah mempersiapkan wastafel di depan kelas, Thermo gun, masker, handsanitizer, sabun dan lainnya.

Dikatakannya, mulanya pembelajaran tatap muka langsung rencananya mulai dilaksanakan pada awal semester genap lalu Januari 2021, tapi ditunda karena Covid-19 di daerah ini masih cukup tinggi. Kemudian direncanakan akan dievaluasi pada Maret ini tetapi sampai sekarang belum ada petunjuk teknis dari Disdik Sumut.

"Belakangan, kami dapat informasi Kemendikbud merencanakan pembelajaran tatap muka dimulai Juli mendatang yakni pada awal tahun ajaran baru semester ganjil," paparnya. (Ir/MSC)


Share:
Komentar

Berita Terkini