-->

Dishub Sumut Rencana Terkait Larangan Mudik Lebaran 2021

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF – Menindaklanjuti larangan mudik lebaran tahun 2021 oleh pemerintah pusat, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai mempersiapkannya melalui rencana menggelar rapat dengan instansi terkait maupun pemerintah daerah yang umumnya menjadi tujuan para pemudik saat memasuki Hari Raya Idul Fitri nantinya.

"Masih akan dibicarakan teknisnya, dengan instansi terkait dan daerah tujuan mudik," kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sumut, Darwin Purba, Selasa (6/4/2021).

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, telah resmi melarang kegiatan mudik Lebaran 2021 bagi seluruh elemen masyarakat.

Larangan mudik itu berlaku pada 6-17 Maret 2021, serta sebelum atau sesudah waktu tersebut.

Kebijakan itu diambil, setelah melihat masih tingginya angka penularan dan kematian akibat covid-19 setelah beberapa kali libur panjang, khususnya usai libur Natal dan Tahun Baru lalu.

"Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta maupun pekerja mandiri dan juga seluruh masyarakat," ujar Muhadjir, Jumat (26/3/2021) lalu.

Senada, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan, bahwa silaturahmi untuk bertemu dengan keluarga merupakan hak bagi setiap orang.

Namun, situasi pandemi covid-19 yang belum juga mereda, membuat masyarakat kembali diminta harus menunda agenda pulang kampung pada Lebaran tahun ini.

Sebab, pemerintah tengah fokus untuk memutus mata rantai covid-19 di Indonesia, termasuk Sumut.

"Lebaran itu memang hak orang untuk berjumpa keluarganya. Tetapi dalam kondisi seperti ini, itu memang harus kita hentikan dulu. Demi kesehatan rakyat yang kita cintai ini," jelas Edy sebelumnya.

Saat ini, upaya pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona, yakni dengan cara mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5 M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumuman serta mengurangi mobilitas diri. Di samping juga pemerintah kini gencar melakukan vaksinasi.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini