-->

Pelantikan Gelombang II Hasil Pilkada 2020 Dijadwal 26 April

Editor: mediaselektif.com author photo

 

MEDIASELEKTIF – Pelantikan gelombang II kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 dijadwal Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan dilaksanakan pada 26 April 2021.

"Ya, direncanakan lima sampai tujuh daerah. Yakni Kabupaten Simalungun, Karo, Nias Barat, Nias Utara, Gunung Sitoli, Nias Selatan, dan Samosir pada 26 April 2021," kata Kepala Bagian Otonomi Daerah, Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga pada Senin (5/4/2021).

Lanjut Rasyid, awalnya ada lima kabupaten dan kota yang telah diusulkan Kemendagri untuk mendapat SK pengangkatan kepala daerah.

Namun, setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa hasil pilkada Samosir dan Nias Selatan, maka Pemprovsu pun kembali mengusulkan kedua daerah tersebut agar pelantikan pasangan kepala daerah terpilih, turut dilaksanakan pada 26 April 2021.

Terlebih akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Samosir telah berakhir. Sementara untuk Nisel, akhir masa jabatan bupati dan wakil bupatinya akan berakhir.

"Direncanakan Samosir dan Nisel jika berkasnya rampung. Memang SK belum ada ditandatangani Mendagri. Lima daerah sudah kita usulkan sebelumnya. Dua daerah lagi sedang proses sampai saat ini. Mengingat masih ada lagi kekurangan berkas dari Samosir dan Nisel. Nanti kita lihat lagi dan jika sudah lengkap akan dikirimkan secara online ke Kemendagri," jelasnya.

Pemprovsu  juga masih menunggu teknis pelantikan kepala daerah gelombang II, lantaran terdapat dua pilihan yakni secara virtual atau tatap muka.

Sebelumnya pemerintah di Nias mengusulkan, jika pelantikan pasangan kepala daerah terpilih digelar secara tatap muka.

"Akan kita lihat pula situasionalnya dan dikomunikasikan ke Kemendagri. Sebab kalau Nias kita laksanakan secara daring, kemungkinan akan sulit sekali lantaran jaringan internet," sebutnya. 

Sementara dalam rapat persiapan rencana pelantikan kepala daerah terpilih untuk gelombang II pada 25 Maret lalu, Pemprovsu  mengundang pemerintah di lima kabupaten/kota, yakni Simalungun, Karo, Nias Barat, Nias Utara dan Gunungsitoli.

Sedangkan gelombang I pelantikan kepala daerah terpilih telah digelar pada 26 Februari 2021 dan ada sebelas daerah yang dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, yakni Medan, Binjai, Serdangbedagai, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga, Humbang Hasundutan, Toba dan Pakpak Bharat.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini