-->

Jumlah Pemilih di Provsu Sebanyak 9.794.296 

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Jumlah pemilih di Provinsi Sumut sebanyak 9.794.296 dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebesar 4.837.022 dan jumlah pemilih perempuan sebesar 4.957.274.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) di gedung KPU Provinsi Sumut, Senin (24/5/2021).

Rakor ini dibuka Ketua KPU Sumut Herdensi dan komisioner KPU Sumut serta stakeholder lainnya dan dihadiri 33 KPU Kabupaten/Kota, Bawaslu Provinsi Sumut, pimpinan partai politik di Sumut, dan stakeholder lainnya.

Menurut Herdensi, tujuan Rakor ini untuk mendapatkan data by name yang akan dituangkan dalam Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Triwulan I. 

“Sesuai arahan KPU RI dalam surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tertanggal 21 April 2021 menyebutkan Rapat Pleno Pemutkahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan ini akan dilakukan dengan mekanisme Rapat Pleno Internal (dilakukan setiap bulan) dan Rapat Pleno Terbuka (dilakukan selama 2 kali setahun yakni pada Semester I dan Semester II),” ungkapnya.

Sebelumnya, KPU Provinsi Sumut juga telah memberikan petunjuk kepada 33 KPU Kabupaten/Kota bahwa sumber DPB berasal dari Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Karena itu, rakor ini begitu penting bagi KPU secara nasional dalam upaya pemutakhiran data pemilih untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di masa yang akan datang. (Ir/MSC)



Share:
Komentar

Berita Terkini