Edy Rahmayadi Klaim BOR Turun Tajam Dibanding 6 Pekan Lalu

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM – Kasus penularan Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) semakin hari semakin menurun. Terbukti, Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengklaim bahwa kondisi bed occupancy rate (BOR) rumah sakit yang menangani Covid-19 di Sumut saat ini berada diangka 19 persen.

Sementara, dibandingkan dengan enam pekan lalu, kondisi BOR di Sumut sempat tembus diangka 80 persen. Maka, angka 19 persen tersebut menunjukkan bahwa kasus penularan Covid-19 di Sumut mengalami penurunan.

"Perlu saya sampaikan kepada kalian. Kita sekarang bahwa BOR kita itu sudah berada diangka 19 persen. Enam minggu lalu berada diangka 80 persen. Sekarang sudah 19 persen. Untuk ICU berada di 28 persen per hari ini. Itu tandanya rakyat kita yang sakit semakin berkurang," ujar Edy Rahmayadi, Senin (13/9/2021).

Terkait adanya perbedaan data kasus Covid-19 di Sumut dengan Kementerian Kesehatan, Edy pun mengungkapkan salah satu penyebabnya.

"Jadi begini, dari pusat masih pakai swab antigen reaktif, swab pcr positif,  dimasukkan ke data. Tetapi lebih cenderung di kabupaten/kota di provinsi ini adalah, dicatat hanya yang hasil swab PCR untuk laboratorium, buka antigen. Jadi dia berbeda," jelasnya.

"Orang-orang di daerah, saya sudah panggil ini. Kalau sudah antigen dia reaktif, dia ditindaklanjuti dengan swab PCR. Kalau hasil swab reaktif dilaporkan, lalu dilanjutkan swab PCR orang yang sama dilaporkan. Ini double, ini lah yang berbeda. Tak jadi persoalan, yang lebih penting kalian bisa rasakan sekarang ini dibandingkan dua atau tiga minggu lalu. Kita berharap dari hari ke hari semakin berubah semakin sedikit," ungkapnya.

Sementara update data Covid-19 di Sumut pada tanggal 12 September 2021 yang bersumber dari Pusat Data dan Informasi Kementeria Kesehatan RI, bahwa kasus konfirmasi positif Covid-19 di Sumut bertambah 281 kasus.

Angka kesembuhan pada tanggal yang sama mencapai 527 kasus dan jumlah yang meninggal akibat Covid-19 sebanyak 14 orang.(Cok/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini