Minyak Goreng Langka PTPN III (Persero) Lakukan Operasi Pasar ke Masyarakat

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Operasi Pasar Tahap I dilaksanakan di beberapa kelurahan yang ada disekitar kantor PTPN III (PERSERO) sebagai wujud hadirnya BUMN Untuk Indonesia di tengah meningkatnya harga minyak goreng.

Harga eceran minyak goreng di pasar-pasar tradisional di Indonesia masih tinggi, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat pantauan harga rata-rata pada semua pasar per Senin (14/2), Minyak Goreng Curah Rp. 17.400/kg, Minyak Goreng Kemasan bermerk Rp. 19.800/kg. Merespon perkembangan harga ini, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melalui anak-anak perusahaannya pada Februari ini kembali menggelar Operasi Pasar Minyak Goreng di Wilayah Sumatera Utara.

Dalam pembukaan Operasi Pasar Tahap I yang dilaksanakan di Kantor Lurah Simpang Tanjung Jl. Balai Desa, Medan Sunggal (16/02/2022) Tengku Rinel SEVP Business Support PTPN III (PERSERO) menyampaikan "saat ini hampir diseluruh wilayah Indonesia, minyak goreng mengalami kelangkaan dan beberapa waktu lalu mengalami kenaikan yang signifikan, lonjakan harga dan kelangkaan minyak goreng tentunya mempengaruhi eksistensi para pelaku UMKM, untuk itu Menteri BUMN mengarahkan agar BUMN mengambil peran dalam menyeimbangkan pasar, ekonomi dan jika diperlukan melakukan intervensi ekonomi jika terjadi ketidakseimbangan".

"Menindaklanjuti arahan tersebut, PTPN III turut serta menggelar operasi pasar, dimulai tanggal 16 Februari 2022 sampai Mei 2022, sebagai permulaan dilakukan di 4 titik di Kota Medan, salah satunya di Kelurahan Simpang Tanjung, diharapkan kegiatan ini dapat menstabilkan harga dan ketersedian minyak goreng dipasar serta acara ini dapat berjalan lancar, tertib dan tetap mematuhi protokol kesehatan" tutup Tengku Rinel.

PTPN Group berkomitmen untuk mendukung program pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang menetapkan kebijakan Domestic Price Obligation (DPO) minyak sawit untuk menjaga harga minyak goreng khusus dalam negeri agar tidak mengikuti tren harga global yang sedang meningkat. Minyak goreng premium dijual dengan harga Rp. 14.000/liter, minyak kemasan sederhana Rp 13.500/liter dan minyak goreng curah Rp. 11.500/liter.

Operasi Pasar PTPN III yang akan dilaksanakan di Kabupaten deli serdang, kabupaten serdang bedagai, kabupaten simalungun, kabupaten asahan, kabupaten labuhan batu utara, labuhan batu induk, labuhan batu selatan dan kabupaten tapanuli selatan, sebagai tahap awal realisasi dukungan terhadap upaya pemerintah membantu masyarakat khususnya di pasar dan di wilayah sekitar kebun/unit milik PTPN III.

Dalam sambutannya M. Oddie Anggia Batubara Camat Medan Sunggal menyampaikan "Operasi Pasar yang dilakukan PTPN III tentunya sangat membantu masyarakat ditengah kelangkaan minyak goreng dipasar saat ini, kami masyarakat Kota Medan khususnya Kecamatan Medan Sunggal merasa sangat terbantu dengan Operasi Pasar ini dan diharapkan kegiatan ini terus berlangsung sampai stok minyak goreng dipasar kembali normal tentunya dengan tidak mengenyampingkan protokol kesehatan"

Dalam pembukaan acara tersebut turut hadir Edi Gunawan Lurah Simpang Tanjung, Ibnu Faisal Nasution Kepala Biro PTPN III dan Herman Sudrajad Lubis Senior Supervisor Brand and Promotion PT INL.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini