Pemko Medan & Jajaran PUD Pasar Tinjau 2 Pasar Serta Gedung Eks Kantor PUD Pasar

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTiF.COM - Untuk mempercepat pembenahan di pasar di bawah naungan PUD Pasar Medan, Pemko Medan meninjau dua pasar dan satu gedung, Senin (23/5/2022). 

Dalam peninjauan ini, Pemko Medan diwakili oleh Kabag Perekonomian Regen. Sementara PUD Pasar Medan dipimpin oleh Dirut Suwarno, Dirops Ismail Pardede, Dirkeu/Adm Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi. 

Rombongan pertama kali meninjau Pasar Simalingkar di kawasan Perumnas Simalingkar. Sesampainya di lokasi, rombongan diterima oleh Kacab II Budi F Putra dan Kepala Pasar Simalingkar Hermanto. 

Di pasar ini, Kabag Perekonomian didampingi Dirut dan jajaran direksi lainnya, menanyakan perihal kesediaan pedagang untuk dilakukan rehabilitasi bangunan kios. 

Beberapa pedagang yang ditemui menyambut baik rencana tersebut. 

"Kalau kami memang maunya cepatlah ini dibagusi. Soalnya kalau sudah hujan, ini kan ada bocor-bocor sengnya jadilah pajak (pasar) ini banjir," kata perempuan paruh baya yang merupakan pedagang setempat. 

Hal senada disampaikan oleh pria yang juga berjualan di pasar tersebut. Dia beranggapan kalau kondisi fisik pasar lebih bagus, maka diharapkn akan berdampak pula dengan tingkat kedatangan pengunjung. 

"Kalau ramai orang kemari, ya mudah-mudahan pedagang juga sejahtera," ujar pria berkaos merah tersebut. 

Sesudah dari Pasar Simalingkar, rombongan bergerak ke Pasar Induk Laucih. Di pasar yang memiliki kuas 12,5 hektar ini, rombongan meninjau gedung Subgrosir I dan Subgrosir II. 

Rencananya, kios yang ada di dua gedung itu akan diubah peruntukannya  menjadi los. Sehingga diharapkan dapat lebih banyak menampung pedagang. Dengan begitu, kawasan lingkungan di Pasar Indul Laucih dapat lebih asri, bersih, dan nyaman serta berkontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) Medan.

Usai dari Pasar Induk Laucih, rombongan bergerak ke gedung eks kantor PUD Pasar Medan di Jalan Sutomo. Dari lantai 1 hingga lantai 3 gedung ditinjau oleh rombongan. 

Kabag Perekonomian Regen mengungkapkan dari peninjauan yang telah dilakukan, PUD Pasar diminta untuk melayangkan surat. Supaya proses untuk tindak lanjut dari kunjungan ini bisa lekas dijalankan. 

Sementara itu, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menyampaikan terima kasih atas kesediaan Pemko Medan dalam hal ini diwakili Kabag Perekonomian yang telah meninjau langsung kondisi pasar dan gedung yang direncanakan dibenahi. 

"Semoga dengan semangat kolaborasi  yang sudah terbangun, dapat mempercepat pembenahan pasar-pasar yang memang usianya tidak muda lagi. Bila itu dilakukan, akan menciptakan pasar yang bersih, asri, dan nyaman sesuai arahan Wali Kota Medan Bapak Bobby Nasution," tandas Dirut.(Rel/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini