Prof Erlina Diangkat Menjadi Komisaris Independen Bank Sumut

Editor: mediaselektif.com author photo

MEDIASELEKTIF.COM - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Bank Sumut menyepakati untuk mengangkat Prof Erlina sebagai Komisaris Independen Bank Sumut pada pelaksanaan RUPS LB yang digelar di Ballroom Lantai 10 Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (1/08/2022).  

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Drs. H. Musa Rajekshah M.Hum meminta seluruh Kabupaten/Kota untuk ikut aktif dalam membesarkan Bank Sumut. 

Wagubsu juga mengatakan, posisi Provinsi di rapat ini sama dengan Kabupaten/Kota lainnya sebagai pemegang saham. 

"Kita berharap PAD kita meningkat dengan sumber-sumber dana yang bisa dibagi dari realisasi Bank Sumut. Bank Sumut ini harus kita besarkan agar dividennya semakin besar, modal semakin besar, sehingga bergerak cepat, "katanya.

Wagubsu juga mengatakan Kabupaten/Kota harus menyadari bahwa Bank Sumut merupakan BUMD yang mendukung percepatan perekonomian di daerah dan seharusnya kita melihat Bank Sumut ini sebagai Perusahaan Milik Daerah yang menguntungkan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi untuk daerah kita.

Dikesempatan itu, Direktur Utama Bank Sumut Rahmat Fadillah Pohan menjelaskan, dengan terpilihnya Prof Erlina sebagai Komisaris Independen, maka kini susunan formasi jajaran Manajemen dan Komisaris Bank Sumut telah lengkap. 

"Terpilihnya Komisaris Independen yang baru tentunya akan memperkuat fungsi pengawasan Dewan Komisaris sehingga diharapkan dapat meningkatkan tata kelola perusahaan (GCG) serta kinerja Bank Sumut lebih baik lagi kedepannya, "sebutnya.

Rahmat juga mengatakan, pengangkatan Prof Erlina juga akan berlaku efektif setelah adanya persetujuan uji kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper) dari Otoritas Jasa Keuangan. Prof Erlina Ph.D adalah seorang akademisi dan Guru Besar dari Universitas Sumatera Utara.

Sementara itu, Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan, Pemkab Asahan akan aktif dalam membesarkan Bank Sumut di Kabupaten Asahan sesuai dengan harapan Wagubsu pada Rapat RUPS LB.

Bupati Asahan Surya, juga mengatakan, Bank Sumut yang berfungsi sebagai penggerak dan pendorong laju pembangunan daerah, sudah selayaknya Pemkab Asahan membantu membesarkan Bank Sumut di Kabupaten Asahan.

RUPS LB tersebut juga dihadiri Kepala Daerah se-Sumatera Utara, Komisaris Utama Independen Bank Sumut dan jajaran Bank Sumut. (SRT/MSC)

Share:
Komentar

Berita Terkini